Syahrianto Kaperwil Kalbar Media Buser86 Turut Peduli Pengunjung Untuk Terapkan Protkes Di Taman Kota Ketapang

IMG_20210117_165209

Buser86.com-Keberadaan taman kota di Kota ketapang di padati pengunjung banyak bermanfaat bagi warga Padahal, di masa pandemi Covid-19, taman kota bisa menjadi solusi alternatif untuk mewujudkan manusia sehat ,minggu (17/1/2021)

Meski aktivitas di ruang publik berisiko terhadap kesehatan, wargapun mengakui taman kota memiliki manfaat yang dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat Selain ekonomi, taman kota juga memiliki nilai manfaat sosial dan psikologis sebagai tempat rileksasi, rekreasi, hingga manfaat ekologis sebagai paru-paru kota.

manfaat taman kota dari sisi ekonomi hingga ekologis, dia mengingatkan masyarakat untuk tak mengabaikan aspek kesehatannya Hal itu bisa di lakukan melalui kedisiplinan diri dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M (mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak).

“Protokol kesehatan harus di patuhi setiap orang mulai penyelenggara, pengelola, hingga masyarakat,”

Penyediaan fasilitas atau sarana pada taman kota pun harus memperhatikan kebutuhan untuk mendukung kesehatan publik. Selain bersih terawat, taman kota kini di antaranya harus menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, tempat sampah, toilet dan air bersih, hingga imbauan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Setiap orang punya tanggung jawab menjaga kesehatannya sendiri maupun orang lain ,Selain disiplin prokes, stay at home (tinggal di rumah) tetap lebih baik, kecuali kebutuhan mendesak.

“Pandemi Covid-19 kan telah berdampak pada semua aspek, khususnya kesehatan masyarakat. Pandemi juga sepertinya telah menggugah cara berpikir manusia terhadap kesehatan,” paparnya.

Dari hal tersebut, kesadaran masyarakat atas kesehatan pribadinya semakin meningkat, seperti meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga, minum vitamin ,dsb 

Di sisi lain, kesehatan mental turut berperan penting dalam mendukung mental yang sehat. Fenomena lockdown (karantina), belajar/bekerja dari rumah, hingga pembatasan sosial berskala besar maupun mikro (PSBB/PSBM), dipandang telah membuat perubahan besar terhadap mental manusia saat ini.

“Covid-19 telah membatasi kebutuhan manusia untuk bersosialisasi, mulai dari bertemu sampai bercengkerama dengan banyak orang,” tambahnya.

Sementara, tak sedikit pula warga kota yang memaksakan diri ke ruang publik karena tuntutan pekerjaan. Ruang publik, seperti taman kota, menjadi penting dalam aktivitas warga kota karena fungsinya yang mampu mencakup banyak hal demi menunjang keseimbangan kota, melalui lingkungan yang mampu mendukung kesehatan kota dan warganya.

Untuk ini, fasilitas atau sarana pendukung, seperti taman kota yang ramah anak-anak ramah di sabilitas, ramah lansia, juga menyesuaikan dengan keadaan adaptasi baru (new normal), harus terpenuhi.

“Jika hal itu dapat di lakukan kami yakin, warga Kota ketapang mampu menjadikan taman kotanya terjangkau bagi seluruh warga, sebagai solusi alternatif dari permasalahan kesehatan yang berkepanjangan di masa depan Wassalam.

Rilis: kaperwil kalbar

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Kejar Target Sasaran Pasiter TMMD ke-112, Kodim 1203/Ktp Pimpin Apel Pagi

September 27, 2021

Buser86.com// Ketapang- Mengawali aktivitas dilokasi TMMD baik pengerjaan di sasaran fisik maupun nonfisik, Personel Satgas TMMD Ke-112, Kodim 1203/Ktp melaksanakan apel pagi yang dipimpin langsung […]

Kerja Exstra Tak Surutkan Semangat Satgas TMMD Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ketapang

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Demi mengejar target, personil Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp bersama masyarakat bekerja exstra di Desa Riam Bunut, Kecamatan […]

Tarik Simpati Anak Desa Satgas TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ktp Buatkan Mainan Kayu

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Anak -anak desa riam bunut semakin akrab dengan Satgas TMMD Reg Ke-112, Kodim 1203/Ktp, Seperti Koptu Kasmin Da’e sangat di senangi anak-anak lantaran […]

Satgas TMMD Reguler Ke -112 Kodim 1203/Ktp Pasang Kerangka Plafon TPA An-Nur

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Perehaban TPA An-Nur merupakan salah satu sasaran fisik pembangunan TMMD Reguler Ke -112 Kodim 1203/Ktp yang sampai saat ini masih terus dikebut pengerjaannya, […]

Melalui TMMD Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp Praka Paul Zinan Pelajari Tehnik Pertukangan

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Beragam pengalaman selama pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp yang berlokasi di Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten […]