Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

download (2)

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan.

Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah berlangsung di Pengadilan Negeri Semarang.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabid Humas Polda Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan pihaknya menghargai upaya hukum yang dilaksanakan oleh para pemohon itu.

Menurut Kabidhumas, praperadilan merupakan hak tersangka untuk mencari keadilan. Sebab upaya hukum melalui proses praperadilan sudah diatur di dalam KUHAP.

“Terkait praperadilan para tersangka adalah hal yang lumrah dan telah diatur dalam KUHAP. Prinsipnya polri mengucapkan terimakasih dan menghargai upaya hukum yang dilakukan,” tegas Kombes Iqbal, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Iqbal, Polri sangat menghargai adanya praperadilan yang diajukan para tersangka. Namun gugatan praperadilan yang dilayangkan akan dikaji oleh hakim di pengadilan.

“Adanya praperadilan bertujuan membuat terang perkara tersebut. Selain itu, putusan hakim semoga menjadi yang terbaik untuk semua pihak. Apapun putusannya semoga bermanfaat secara keilmuan khususnya di bidang hukum, bagi kita semua,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jateng menangkap 15 pelaku transfer dana palsu Bank Jateng yang ada di Kecamatan Sukolilo dan Wedarijaksa Kabupaten Pati.

15 orang tersebut disangkakan telah melanggar hukum karena melakukan aksi transfer dana palsu dari bulan Agustus sampai Oktober 2018.

Akibat perbuatan mereka itu, Bank Jateng mengalami kerugian hingga Rp 20 Miliar.

Terkait kasus tersebut, 13 dari 15 tersangka melayangkan gugatan Praperadilan melalui Lembaga Bantuan Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia (LBH RUPADI) ke Pengadilan Negeri Semarang.

Rls-@(Humas Polrestabes Semarang)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

22 Tahun Mengabdi Untuk Negeri , Alumni Akpol Tahun 1999 Polda Kalteng Gelar Vaksinasi Masal

Oktober 20, 2021

Buser86.com/Kalteng- Dalam Rangka merayakan 22 tahun mengabdi untuk negeri, Alumni Akpol 1999 Polda Kalteng menggelar vaksinasi masal bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri langsung […]

Wagub Hadiri Audensi Pelayanan Publik

Oktober 20, 2021

Buser86.com/Kalteng- Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menghadiri acara Audiensi Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, Selasa (19/10/2021), bertempat di […]

Peringati HUT Partai Golkar ke 57 DPD partai Golkar kabupaten Bekasi Lakukan Beberapa Rangkaian Kegiatan

Oktober 20, 2021

Buser86.com // Kabupaten Bekasi – Peringatan HUT Partai Golkar ke 57, DPD partai Golkar kabupaten Bekasi melakukan beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya yang di lakukan […]

Sat Narkoba Polres Simalungun Ringkus Dika Diduga Bandar Shabu Batu VII

Oktober 20, 2021

Buser86.com//SIMALUNGUN-Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Simalungun berhasil meringkus Bandar narkotika jenis Shabu berinisial AS alias Dika (30) warga Jalan Asahan, Depan Lapas Batu VII, Nagori […]

Tim Jatanras Res Simalungun Kembali Lagi Bekuk Pelaku Judi Tebak Angka Di Ujung Padang

Oktober 20, 2021

Buser86.com//SIMALUNGUN – Sat Reskrim Polres Simalungun amankan seorang laki-laki dari Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun karena diduga keras telah melakukan Tindak Pidana Perjudian tebak angka […]