Bantu Cegah Penyebaran PMK Hewan Ternak, Polres Loteng Cek Pasar Hewan di Lombok Tengah

Post View : 64
Views
IMG-20220512-WA0062

LOMBOK TENGAH, (NTB) Buser86.com – Sebagai upaya membantu penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak di Lombok Tengah, Polres Lombok Tengah bersama Dinas Pertanian Bidang Peternakan melakukan pengecekan ke pasar hewan.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono, SH, SIK, MH, menjelaskan bahwa pihaknya mendampingi Dinas Pertanian bidang Peternakan melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap dua pasar hewan dan 26 rumah potong hewan yang berada di Kabupaten Lombok Tengah guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku hewan ternak.

“Kami akan terus berkoordinasi dan kerjasama dengan Dinas Pertanian Bidang Peternakan untuk membantu penanganan penyebaran penyakit tersebut di Kabupaten Lombok Tengah,” kata Kapolres, di Praya, Kamis (12/5).

Kasus wabah penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak di Lombok Tengah pertama kali dilaporkan di Desa Kelebuh kecamatan Praya Tengah pada tanggal 30 April 2022.

Menurut Kapolres, pihaknya siap mendukung langkah dari Dinas Pertanian Bidang Peternakan melakukan upaya penyekatan di pasar dan tempat pemotongan hewan yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah guna mencegah penyebaran penyakit tersebut.

“Kita siap membantu untuk melakukan pengawasan dan pengecekan ketat terhadap proses perdagangan hewan ternak, tentunya mengacu dengan surat edaran Bupati Lombok Tengah yang rencananya akan segera dikeluarkan,” terang AKBP Hery.

Selain itu, Polres Lombok Tengah bersama dinas pertanian bidang peternakan juga telah melakukan pendataan untuk menentukan luas penyebaran serta jumlah ternak yang berpotensi tertular penyakit PMK.

Kapolres mengimbau agar masyarakat tidak panik dan tenang dengan munculnya wabah penyakit tersebut. Dinas pertanian bidang peternakan sudah melakukan pengebalan, pengobatan dan penyemprotan disinfektan terhadap hewan yang diduga terjangkit PMK.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang terkait dengan adanya temuan wabah PMK ini,” kata Kapolres.

Team Buser86 NTB

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Manfaatkan Ruang Terbuka Di Hutan Bambu, Kecamatan Bekasi Timur Gelar Vaksinasi Untuk Masyarakat Sekitar

Mei 23, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas kesehatan Kota bekasi mengadakan vaksinasi lanjutan untuk warga Kecamatan Bekasi Timur dan sekitarnya bertempat di […]

Bantu Studi Lapangan, Pangdam XII/Tpr Terima Audiensi Tim Aju dari Lemhanas

Mei 23, 2022

Buser86.com//Kubu Raya, Senin (23/5/22) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., menerima kunjungan Tim Aju Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) Program […]

Upaya Meningkatkan Tertib Berlalulintas, Satlantas Polres Loteng Pasang Miniatur Lalulintas Berisi Himbauan

Mei 23, 2022

LOMBOK TENGAH, NTB Buser86.com – Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran berlalulintas dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas diwilayah Kabupaten Lombok Tengah, Satuan Lalu Lintas Polres […]

Masyarakat Jayabakt Dan Kepala Desa Memberikan Ucapan kepada kepala Desa Yang Terpilih

Mei 23, 2022

Buser86.com//Sukabumi masyarakat jayabakti, tokoh masyarakat dan kepala desa yang berada di kecamatan cidahu, berdatangan ke desa jayabakti untuk memberikan ucapan kepada kepala desa jayabakti Opic. […]

Update Laporan Covid-19 Per 22 Mei 2022

Mei 23, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Laporan perkembangan Covid-19 Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengeluarkan update pertanggal 22 Mei 2022. Kota Bekasi masuk dalam PPKM […]