Buser86.com//TIMIKA -Tim SAR telah memastikan bahwa informasi terkait enam kru kapal KM Kalimas 4 yang hilang kontak dalam pelayaran dari Mimika menuju Asmat, Papua, sejak hari Minggu, 12 Desember 2021, berhasil ditemukan oleh kapal nelayan, Rabu (15/12/2021).

Kini, keenam kru kapal yang diinformasikan selamat tersebut, telah dievakuasi oleh kapal jaring dari Kampung Pirimapun, Distrik Safan, Kabupaten Asmat.

“Informasi yang kami terima bahwa korban enam orang telah berhasil ditemukan oleh kapal nelayan, posisinya di kampung Pirimapun, Distrik Safan (Kabupaten Asmat). Saat ini mereka sudah dievakuasi di kapal jaring,” kata Kasubsi Operasi SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Syahril, Rabu malam.

Saat ini juga, Tim SAR sedang melakukan upaya koordinasi dengan perusahaan yang memperkerjakan keenam kru kapal tersebut untuk proses evakuasi lebih lanjut oleh tim SAR gabungan.

“Malam ini kita masih menunggu upaya-upaya koordinasi, dengan acuan besok kita akan melakukan evakuasi korban sebanyak enam orang yang berhasil dievakuasi oleh nelayan,” kata Syahril.

Dari hasil pencarian hari kedua oleh Tim SAR gabungan, mulai dari perairan Mimika hungga ke Asmat, menempuh jarak kurang lebih 53,84 nautical mile, dengan jarak darat kurang lebih 15 nautical mile.

Sementara objek yang berhasil ditemukan adalah sebuah drum berwarna merah dan dicurigai berasal dari kapal KM Kalimas 4 yang memuat bahan bakar minyak (BBM) untuk PLN Asmat.

Pada hari Minggu, 12 Desember 2021, kapal tersebut dilaporkan bertolak dari pelabuhan Mimika pukul 05.00 WIT, dengan kru dalam kapal itu berjumlah enam orang dan memuat BBM untuk PLN Asmat.

Kapal tersebut dipastikan hilang kontak lantaran hingga dilaporkan oleh perwakilan Pertamina di Timika, pada Selasa, 14 Desember 2021, kapal tak kunjung tiba di Asmat. Padahal, kapal tersebut direncanakan tiba pada hari Minggu itu sekitar pukul 17.00 WIT, atau 12 jam setelah keberangkatan.

Enam orang kru dalam KM Kalimas 4 yang selamat masing-masing Ansar selaku kapten kapal, beserta lima anak buah kapal (ABK) bernama Ruslan, Supliansyah, Nikmat, Haswan dan Mirzan.

Rls-@(Joko Lelono)

Bagikan:

Aditya b86

Media Buser 86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *