KADES SUNGAI BULAN MULAI ANGKUH NYATAKAN TAK PERLU WARTAWAN UNTUK PUBLIKASI KINERJANYA

WhatsApp Image 2021-03-27 at 03.48.46

BUSER86.COM-KETAPANG-
Sungai Bulan,

Kades Sungai Bulan kecamatan Sei Raya Kabupaten Kubu Raya (KKR) , Kalimantan Barat, Haryono Sutrali, kini mulai angkuh.

Kepada wartawan yang menemuinya untuk wawancara seputar pembangunan di wilayah kerjanya, dia mengatakan dirinya tak perlu lagi sama wartawan. “Saya tak perlu publikasi”, ujarnya.

Karena menurutnya, hasil kerjanya biarlah warganya sendiri yang menilainya.

Ditemui di sela pertemuan pada malam ramah tamah dengan mahasiswa pada acara Prasati XII program mahasiswa berbakti dan mengabdi , baru baru ini, Haryono yang didampingi kepala dusunnya mengatakan “Saya sekarang sudah lain, tidak perlu publikasi mengenai pembangunan desa saya”, ungkapnya.

Sebelumnya sejumlah wartawan yang menghubunginya , awalnya mau mengkonfirmasi seputar penanganan Covid-19 diwilayah kerjanya.

Sebab dari informasi yang diterima wartawan disebut-sebut Kades Sungai Bulan kurang mematuhi protokol kesehatan (prokes) yakni tidak mengindahkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer).

Dan hal itu terbukti saat kepergok wartawan pada acara malam ramah tamah, hampir semua yang hadir tidak mengindahkan prokes, salah satunya tidak menggunakan masker. Termasuk sang kades dan kepala dusunnya.

Selain itu, para kuli tinta ingin mewawancara sang kades untuk mengetahui sejauhmana penanganan infrastruktur di wilayah kerjanya, namun bukan keterangan yang didapat, tapi dengan nada angkuh dia menolak untuk publikasi.

“Ini sangat bertentangan dengan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan, yang mengharuskan pejabat publik memberikan keterangan semua aspek pembangunan diwilayah kerjanya”, ujar Zainul Irwansyah,SE Sektetaris PWI Kalbar periode 2013-2018 kepada wartawan Sabtu (27/03/21).

Dia sangat menyayangkan atas sikap kades Sungai Bulan Haryono Sutrali yang tak menghargai profesi wartawan yang sedang melakukan sosial kontrol untuk mempublikasi kinerja pembangunan disana.

“Ya hal ini cukup miris, di era keterbukaan, dijaman globalisasi, masih ada pejabat yang menutup diri, menutup kinerjanya, ini ada apa, wartawan perlu telusuri hal ini, apakah ada borok borok di desa Sungai Bulan ini yang ditutupi yang melibatkan kadesnya ?, sehingga takut terekspose?”, tanya Zainul mantan wartawan Harian Media Indonesia dan Harian Republika ini.

“Apa bila pejabat publik tidak mau terbuka menyampaikan informasi publik sesuai pasal 4 pada Bab III ayat 4 UU Informasi Publik disebutkan pejabat publik bisa digugat kepengadilan”, ujar Buyung -panggilan akrabnya- wartawan senior yang pernah bergabung di PWI Kalbar sejak tahun 1986 ini.

RILIS KAPERWIL/SYAHRIANTO

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]

Sebanyak 964 Warga Ikuti Vaksinasi Masal Merdeka Candi Polres Pati

September 19, 2021

Buser86.Com//Pati – Menggandeng PT. Dua Kelinci, jajaran Polres Pati kembali menggelar vaksinasi massal, Minggu (19/9/2021). Adapun vaksinasi massal yang bertempat di PT. Dua Kelinci ini […]

Saat Mau Bekerja Tabung Gas Dan Boor Raip

September 19, 2021

Buser86.Com//Palembang – Seorang pekerja pada saat mau bekerja di ketahui Tabung Oksigen dan Bor Milik Korban Telah Hilang pada Hari Jumat Tanggal,18 September 2021 Sekira […]