Polda NTB: jumlah pemudik melintas di Pelabuhan Lembar capai 32 ribu

Post View : 39
Views
IMG-20220501-WA0091

Lombok Barat NTB Buser86.com – Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Komisaris Besar Polisi Artanto menyampaikan, jumlah pemudik lebaran tahun 2022 yang melintas melalui kawasan Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, mencapai 32 ribu orang.

“Angka itu tercatat dalam rentang waktu pergerakan Selasa (26/4) sampai Sabtu (30/4),” kata Artanto di Mataram, Minggu.

Angka pemudik dengan rincian 32.021 orang tersebut, jelasnya, merangkum jumlah yang tiba maupun berangkat melalui kawasan Pelabuhan Lembar.

Dari hasil pantauan lainnya, puncak pergerakan pemudik yang melintas melalui kawasan Pelabuhan Lembar tercatat pada Kamis (28/4), tepat sehari sebelum pemerintah menetapkan hari cuti bersama untuk libur lebaran tahun 2022.

“Kamis itu juga bersamaan dengan pelaksanaan hari pertama jajaran Polda NTB melaksanakan Operasi Ketupat Rinjani 2022. Hari itu tercatat 8.912 pemudik dengan jumlah 39 trip perjalanan, baik kapal yang tiba dan berangkat,” ujarnya.

Selanjutnya untuk sarana mudik yang digunakan masyarakat, kata Artanto cukup beragam. Mulai dari jenis kendaraan pribadi sampai kendaraan angkutan umum jenis bus. Ada juga terpantau truk angkut logistik.

Lebih lanjut, jumlah kendaraan yang melintas melalui Pelabuhan Lembar, terhitung sejak 26-30 April 2022, ada sebanyak 13.217 unit kendaraan.

Sementara untuk hasil pantau, Minggu (1/5), intensitas pemudik di Pelabuhan Lembar dikatakannya kian menurun.

“Jadi penurunan jumlah pemudik itu terhitung mulai di hari puncak arus mudik, pada Kamis (28/4) itu. Ada kemungkinan akan terus demikian (terjadi penurunan) sampai hari lebaran,” ucap dia.

Kawasan Pelabuhan Lembar merupakan salah satu gerbang masuk utama penyeberangan jalur darat dan laut milik NTB.

Pelabuhan yang berada di bagian barat Pulau Lombok ini melayani sejumlah rute penyeberangan antarpulau.

Baik rute penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai, Bali, maupun yang berada di kawasan Jawa Timur, yakni Pelabuhan Perak, Ketapang, dan Tanjung Wangi.

Selain pergerakan dari arah barat, Pelabuhan Lembar juga melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Dalam situasi Indonesia yang memasuki tahun ketiga Pandemi COVID-19, kawasan Pelabuhan Lembar melayani pergerakan mudik lebaran tahun 2022 ini dengan mengaktifkan seluruh dermaga, baik yang berada di areal ASDP Lembar, maupun di Terminal Gilimas, dan Kedaro.

Team Buser86 NTB

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Manfaatkan Ruang Terbuka Di Hutan Bambu, Kecamatan Bekasi Timur Gelar Vaksinasi Untuk Masyarakat Sekitar

Mei 23, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas kesehatan Kota bekasi mengadakan vaksinasi lanjutan untuk warga Kecamatan Bekasi Timur dan sekitarnya bertempat di […]

Bantu Studi Lapangan, Pangdam XII/Tpr Terima Audiensi Tim Aju dari Lemhanas

Mei 23, 2022

Buser86.com//Kubu Raya, Senin (23/5/22) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., menerima kunjungan Tim Aju Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) Program […]

Upaya Meningkatkan Tertib Berlalulintas, Satlantas Polres Loteng Pasang Miniatur Lalulintas Berisi Himbauan

Mei 23, 2022

LOMBOK TENGAH, NTB Buser86.com – Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran berlalulintas dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas diwilayah Kabupaten Lombok Tengah, Satuan Lalu Lintas Polres […]

Masyarakat Jayabakt Dan Kepala Desa Memberikan Ucapan kepada kepala Desa Yang Terpilih

Mei 23, 2022

Buser86.com//Sukabumi masyarakat jayabakti, tokoh masyarakat dan kepala desa yang berada di kecamatan cidahu, berdatangan ke desa jayabakti untuk memberikan ucapan kepada kepala desa jayabakti Opic. […]

Update Laporan Covid-19 Per 22 Mei 2022

Mei 23, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Laporan perkembangan Covid-19 Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengeluarkan update pertanggal 22 Mei 2022. Kota Bekasi masuk dalam PPKM […]