Buser 86.com//– Ratusan pengungsi yang didominasi anak-anak korban Erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur mendapat pemulihan trauma atau trauma healing dari personel Satbinmas Polres Rembang Polda Jateng bersama relawan Kwarcab Kabupaten Rembang.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu mengembalikan kondisi mental dan bisa menghilangkan rasa takut pasca kejadian.

“ Mereka cukup senang saat kami datang dengan memberi trauma healing, mereka punya harapan ketika kami datang, mereka punya rasa bahagia saat diberi trauma healing,” kata Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan melalui Anggota Satbinmas Bripka Muji Sutrisna, S.H.,M.H., Minggu (19/12/2021).

Menurutnya, materi yang diberikan berupa permainan Badut, Game dan Sulap, serta memberikan himbauan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi Posko Pengungsian Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

“ Guna menghilangkan trauma aktivitas ringan dan penuh kegembiraan dapat mengalihkan stres dan trauma yang mereka rasakan selama di pengungsian,” ucapnya.

Muji menambahkan, dalam bentuk pendampingan lain, dilakukan dengan berbagi cerita tentang bagaimana mereka saat mengalami kesulitan.

“ Dengan seperti itu, mereka mengungkapkan perasaannya saat mengalami kesulitan dan dengan mengungkapkan perasaan setidaknya kita bisa membantu trauma mereka walaupun tidak semuanya bisa hilang,” ujar Muji.

HUMAS POLRES REMBANG

Bagikan:

Aditya b86

Media Buser 86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *