Buser86.com//Kalteng- Tim Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menyampaikan Press Release mengenai perkembangan penanganan pandemi Covid-19 sampai dengan hari Rabu (05/01/2022) pukul 15.00 WIB.

Dalam keterangan rilisnya kali ini, Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kapasitas penuh telah dilaksanakan di berbagai sekolah sejak awal pekan ini. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menyarankan, unsur pendidikan yaitu guru maupun orangtua murid, didorong menjadi unsur Satgas protokol kesehatan di masing-masing daerah.

Satgas ini nantinya diharapkan terus berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 tingkat kabupaten kota masing-masing. Demi menjaga kedisiplinan selama proses belajar-mengajar unsur pendidikan baik guru dan siswa.

Adapun kondisi kasus di Indonesia yang tengah terkendali menjadi pertimbangan pelaksanaan PTM kapasitas penuh. Salah satu pertimbangan adalah kondisi kasus varian Omicron di Indonesia yang mayoritas masih berasal dari pelaku perjalanan dan transmisi komunikasi, telah ditangani dengan perawatan yang dibutuhkan.

“Selain atas pertimbangan tersebut dan berbagai pertimbangan kondisi kasus nasional yang tergolong cukup terkendali, maupun kesiapan unsur pendidikan dan simulasi yang telah dilakukan, maka keputusan PTM dengan kapasitas penuh tetap dijalankan,” jelas Wiku.

Selanjutnya, disampaikan perkembangan data Covid-19 Kalteng pada hari ini, Kasus Konfirmasi ada penambahan sebanyak 3 orang, yaitu di Palangka Raya 1 orang, Katingan 1 orang, dan Kotawaringin Barat 1 orang, sehingga dari semula sebanyak 46.719 orang menjadi 46.722 orang. Pasien Sembuh ada penambahan sebanyak 3 orang, yaitu di Kotawaringin Barat 1 orang dan Sukamara 2 orang, total menjadi 45.121 orang. Pasien Dalam Perawatan tidak ada penambahan, sehingga tetap 13 orang. Kasus Meninggal tidak ada penambahan, tetap 1.588 orang dengan tingkat kematian (CFR) 3,4 %.

Keterpakaian Tempat Tidur pada RS (BOR), Tempat Tidur intensif tidak mengalami perubahan Tempat Tidur Terpakai (0,00%), sehingga tetap menjadi 14,29%, dimana tidak ada Kab/Kota yang BOR di atas 50%, sementara Tempat Tidur Isolasi mengalami peningkatan Tempat Tidur Terpakai (0,03%), sehingga dari 0,88% menjadi 0,91%, dimana tidak ada Kab/Kota yang BOR di atas 50%.

Capaian target vaksinasi Target Vaksinasi sebesar 2.036.104, realisasi Vaksinasi Dosis I untuk tingkat Provinsi Kalteng telah mencapai 80,26%. Kabupaten yang belum mencapai 70% adalah: Gunung Mas (68,37%).

Capaian vaksinasi Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, SMA, SMK Sederajat, realisasi Vaksinasi PNS/GTT/PTT tidak ada penambahan sehingga tetap sebanyak 6.258 atau sebesar 79,01 %, dan Dosis I SMA/SMK tidak ada penambahan sehingga tetap sebanyak 73.202 atau sebesar 76,95 %, dosis II SMA/SMK tidak ada penambahan sehingga tetap sebanyak 32.403 atau sebesar 34,06 %.
(win/Anton)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *