Buser86.com // Lombok Timur –
Mengakhiri masa jabatannya sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur, Polda NTB AKP Rita Sorcha Yuliana S.I.K.,M.M. pada hari ini, Jum’at (07/01) meluncurkan Inovasi inspiratif untuk masyarakat yakni SOBUR (Sahabat Ojek Binaan Satlantas Polres Lombok Timur) dan Laka Call Center.

Dalam sambutannya dalam kegiatan launching pagi tadi, AKP Sorcha Yuliana menjelaskan bahwa Program SOBUR yang diinisiasinya tersebut merupakan sebuah inovasi yang dipersembahkan kepada masyarakat khususnya yang ada di wilayah kabupaten lombok Timur.

“ Tak dapat dipungkiri, saat ini kita memasuki era digital dan serba cepat, program SOBUR ini merangkul ojek-ojek pangkalan yang saat ini mulai tergerus oleh banyaknya ojek ojek online aplikasi yang memasuki wilayah lombok timur,” ungkapnya.

Polwan Cantik itu juga mengatakan, masyarakat cenderung bergerak dinamis dengan membutuhkan sesuatu hal yang praktis dan murah. Selain itu program tersebut juga dapat membantu pekerja ojek pangkalan agar tidak tertinggal dan kehilangan penumpang juga Rezeki.

Ia menjelaskan masyarakat yang ingin menggunakan jasa SOBUR dapat melalui kontak wahtsapp yang di sebar melalui pamflet dan media sosial satlantas polres Lombok timur. SOBUR melayani 3 jasa yakni antar jemput penumpang, antar jemput barang, maupun titip beli. Dengan tarif untuk dalam Kota hanya Rp 5.000,00 (Lima Ribu Rupiah).

“Kami telah uji coba SOBUR di seputaran kota selong dan sekitarnya, tidak menutup kemungkinan program ini dapat melebar ke kecamatan kecamatan di luar selong. Kami berharap dengan adanya SOBUR dapat memberikan harapan dan senyuman bagi pekerja ojek – ojek Pangkalaan dan masyarakat pengguna jasa,” ucap AKP Rita Sorcha Yuliana.

Sementara itu, dalam menindaklanjuti kejadian laka lantas di wilayah hukum Polres Lombok Timur, beberapa upaya preventif
seperti patroli pagi dan malam, penyuluhan keliling, penyuluhan ke sekolah-sekolah sampai penyuluhan saat melaksanakan gatur pagi kepada pengendara bermotor terus dilakukan Sat Lantas Polres Lotim sebagai upaya dalam meminimalisir kasus kecelakaan.

Namun walaupuan dengan beberapa kegiatan yang telah dilakukan tersebut, tak dapat dipungkiri kasus kecelakaan masih saja dapat terjadi. Bahkan beberapa kejadian tidak dilaporkan secara langsung oleh masyarakat, sehingga hal tersebut dapat berdampak pada lambatnya penyelidikan kasus laka lantas yang terjadi di Kabupaten Lombok Timur.

Dengan adanya fenomena tersebut, AKP Rita Sorcha Yuliana meluncurkan inovasi Laka Call Center sebagai sarana dalam mempermudah pelaporan Laka Lantas yang terjadi di tengah masyarakat. Ia menjelaskan bahwa program tersebut diawasi langsung oleh kanit gakkum dan personel unit gakkum sehingga pelaporan laka lantas cepat di tangani oleh unit Gakkum satlantas polres Lombok Timur.

“Call Center ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat di wilayah hukum polres Lotim, melalui chat dan share lokasi TKP ( Tempat Kejadian Perkara) via whatsapp yang kemudian diteruskan kepada petugas unit Gakkum yang bertugas pada hari itu,” tandas AKP Sorcha Yuliana.

Polwan cantik yang sempat viral di Media Sosial itu berharap agar kedua program yang digagasnya tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah Hukum Polres Lombok Timur dan mewujudkan Polri yang Presisi.

“Tentunya kami sangat berharap agar inovasi – inovasi ini dapat berguna atau bermanfaat bagi masyarakat di wilayah kabupaten Lombok Timur,” pungkasnya.

*Team Buser86 NTB*

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *