Buser 86.com//PATI-Bupati Pati Haryanto, Sabtu (15/1), meresmikan sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Pati tahun anggaran 2021.

Turut hadir dalam peresmian ini, Wakil Bupati Saiful Arifin, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Kades setempat serta sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Pati.

Adapun seremoni peresmian digelar di Kantor Kecamatan Tlogowungu yang baru, yakni di Desa Tlogorejo.

Kantor baru Kecamatan Tlogowungu ini merupakan salah satu dari sekian proyek pembangunan yang diusung pada tahun 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto menyampaikan, meskipun anggaran tahun 2021 terkena refocusing beberapa kali, namun masih dapat menyisakan sejumlah program dan proyek yang mana keberadaannya untuk masyarakat.

“Dengan adanya infrastruktur ini diharapkan perekonomian Kabupaten Pati semakin berkembang. Serta masyarakat Bumi Mina Tani semakin nyaman dan aman”, ujarnya.

Menurut Bupati, semua butuh adanya pembangunan tetapi juga harus dirawat dan dikelola dengan baik.

“Terutama saat ini memasuki musim hujan, jadi harus sering dikontrol”, imbuhnya.

Selain itu, lanjut Bupati, peresmian ini juga sebagai tanda berakhirnya proyek pembangunan Kabupaten Pati tahun anggaran 2021.

Meski 150 proyek sudah diresmikan, lanjutnya, masih ada proyek tahun 2021 yang belum selesai sampai dengan hingga sekarang.

“Adapun proyek itu adalah renovasi Masjid Agung Baitunnur Pati. Renovasi kubah masjid molor lantaran cuaca yang tidak mendukung”, imbuhnya.

Terkait pembangunan, Bupati mengatakan akan ada proses perpanjangan yang dilakukan yakni renovasi kubah Masjid Agung Baitunnur Pati. “Pembangunan memang sempat terkendala lantaran curah hujan yang saat ini meningkat”, imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Pati Pujo Winarno dalam laporannya menyebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati telah menghabiskan Rp 190 miliar untuk melakukan pembangunan pada tahun 2021 lalu. Dan hasilnya, sebanyak 150 infrastruktur telah dibangun.

“Totalnya sebesar Rp 190.049.059.150 yang terdiri atas 150 pekerjaan,” ujar Pujo menyampaikan laporan dalam Peresmian Proyek-Proyek Pembangunan Kabupaten Pati tahun 2021.

Ia pun menyebut, anggaran untuk pembangunan dari berbagai macam sumber. Di antaranya Pendapatan Ssli Daerah (PAD) Kabupaten Pati, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti RSUD dan bantuan keuangan dari provinsi.

Sedangkan untuk infrastruktur yang di bangun, lanjut Pujo, terdiri dari 19 pekerjaan pekerjaan jalan dengan total nilai Rp 41,28 miliar, 2 pekerjaan jembatan dengan total nilai Rp 2,09 miliar serta 64 gedung sebesar Rp 59,7 miliar. Dan diantara pembangunan gedung itu ialah Stadion Joyokusumo dan Kantor Kecamatan Tlogowungu.

Pada pembangunan irigasi, tambah Pujo, ada sebanyak 19 pekerjaan dengan nilai Rp 33,5 miliar.

Kemudian taman ada 3 pekerjaan Rp 10,9 miliar. Termasuk alun alun timur dan alun alun Kayen, serta infrastruktur lainnya Rp 42,3 miliar termasuk juga pembangunan dermaga tambat kapal dengan anggaran Rp 14 miliar.

Rls-@(Ars-Dwn)

Bagikan:

Aditya b86

Media Buser 86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *