Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19

IMG-20210510-WA0132

Buser86.com//Kalteng– Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 yang digelar di Aula Polres Kotawaringin Barat, Senin (10/05/2021).

Rapat evaluasi tersebut digelar guna membahas penanganan Covid-19 dan ekonomi yang merupakan amanat dari Presiden RI dalam Rapim dengan para Gubernur, Bupati/Wali Kota se-Indonesia beberapa waktu lalu. Dalam arahannya, Gubernur mengingatkan dan menegaskan kembali pentingnya protokol kesehatan (Prokes). “Presiden selalu menegaskan pengendalian Covid-19 dan ekonomi bisa berjalan seperti biasa, tetapi ketika ekonomi berjalan, Prokes harus berjalan juga,” tegasnya seraya menambahkan tugas pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat adalah memastikan sinergitas dengan kabupaten/kota, salah satunya melalui rapat evaluasi apakah langkah dan kebijakan yang telah dibuat sesuai atau tidak pelaksanaannya.

Gubernur selaku Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Kalteng meminta para Bupati dan jajaran Forkopimda mengunakan langkah-langkah tegas dan tidak mengambang. Bila perlu, diberlakukan sanksi hukum atau sanksi sosial bagi pelanggar aturan Prokes agar ada rasa jera di tengah masyarakat.

Terkait dengan masuknya varian baru virus Covid-19, yakni varian B.1.617 ke Palangka Raya, Gubernur membenarkan hal tersebut. “Varian baru di Kalteng dilaporkan 27 Maret 2021 dari 3 pasien di RSUD Doris Sylvanus, 2 orang warga Palangka Raya dan 1 dari Kabupaten Gunung Mas. Alhamdulilah, semua pasien telah sembuh. Namun, varian baru ini untuk sementara kita anggap lebih ganas dari virus sebelumnya. Kita lihat trend baru di India. Saya tekankan bahwa di India gelombang baru terjadi saat acara keagamaan. Terus, di Indonesia kita antisipasi karena setiap acara keagamaan ada libur panjang pasti (angkanya) akan naik. Kita antisipasi dengan adanya varian baru, saya sampaikan jangan kita abaikan atau kita anggap remeh,” jelas Gubernur.

Gubernur juga meminta pengetatan pada tiga pelabuhan udara atau bandar udara (Bandara), yakni di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Bandara H. Asan Sampit, dan Bandara Iskandar di Pangkalan Bun, agar semua penerbangan domestik menerapkan Prokes dengan sungguh-sungguh dan memonitor pelaksanaan Swab PCR yang diberlakukan kepada semua penumpang yang akan masuk ke Kalteng.

Demikian pula dengan dua pelabuhan laut, yakni Kumai di Pangkalan Bun serta Pelabuhan Bahaur di Pulang Pisau, Gubernur meminta kepada jajaran Forkompimda kabupaten untuk menjaga arus baliknya. “Kapal-kapal berbendera Indonesia namun melakukan ekspor ke luar negeri harus kita pantau terus, awak kapal tidak boleh turun dari kapal, harus isolasi dulu di atas kapal dan orang lain tidak boleh masuk ke kapal kecuali Satgas yang dilengkapi baju khusus (APD) guna menjaga paparan varian baru,” ungkap Gubernur.

Gubernur terus berpesan pada seluruh Bupati dan jajaran Forkopimda untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan 4M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menghindari kerumunan.

Turut hadir dalam rapat evaluasi tersebut, antara lain Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kapolres Kobar, Ketua DPRD Kobar, Kepala Bandara Iskandar Pangkalan Bun Kobar, Kepala Pelabuhan Laut Kobar, Dandim Kobar, Kajati Kobar, Asisten Bupati Kobar, Kadis Kesehatan Kobar, dan Kepala BPBD Kobar.
(7on)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Personel Marnit Seruyan Ditpolairud Hadiri Kegiatan Pekan Peduli Orang Utan Di Desa Sei Imuk

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Seruyan- Markas Unit (Marnit) Patroli Daerah Aliran Sungai (Das) seruyan Direktorat Polairud polda Kalteng Menghadiri kegiatan penanaman pohon magroove dan kegiatan Pekan Peduli Orang […]

Gebyar 1000 Vaksinasi Karumkit Bhayangkara Optimis Capaian Angka Vaksinasi Kalteng 50 Persen

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Dalam rangka terus percepat target capaian vaksinasi di Kalimantan Tengah hingga 70 persen, Polda Kalteng kembali menggelar vaksinasi massal di pinggiran […]

Polda Kalteng Gandeng GP Ansor dan KNPI Palangka Raya Gelar Vaksinasi Massal Targetkan 500 Dosis

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palangka Raya menggelar vaksinasi massal untuk masyarakat […]

Kapolsek Rakumpit Turut Dampingi Pengecekan Kesehatan Warga

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Kapolsek Rakumpit, Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng Iptu Waryoto, S.H., M.H. bersama Bhabinkamtibmas Bripka Eko Pramono mendampingi kegiatan tenaga kesehatan dari […]

Dukung Vaksinasi, Polsek Rakumpit Lakukan Pengamanan dan Pendampingan

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Polsek Rakumpit, Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng turut mendukung program vaksinasi Covid-19 di wilayahnya dengan melakukan pendampingan hingga pengamanan selama berlangsungnya […]