Buser86.Com// Sumsel – Gubernur Sumsel H Herman Deru menginstruksikan Kabupatendan Kota di Sumsel untuk segera membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Hal itu dilakukan agar akselarasi akses keuangan di daerah semakin cepat.

“Masih ada 10 Kabupaten dan kota yang belum dibentuk. Jadi saya minta yang belum di kukuhkan untuk segera di kukuhkan. Saya tunggu sampai akhir Desember. Jika masih ada yang belum, maka saya kukuhkan langsung di Provinsi,” ungkapnya, usai mengikuti Rakor Nasional dan memimpin langsung Rapat Pleno dan Rakor TPAKD Kabupaten/Kota se Sumsel bertempat di Hotel Novotel Palembang, Kamis (16/12).

Bapak Pembangunan Sumsel itu menilai TPAKD sangat penting untuk segera dibentuk karena ini merupakan kecepatan. Artinya butuh akselarasi akses keuangan, mengingat hal ini tidak lain untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selain itu, akselarasi itu harus dilakukan karena secara nasional masih dianggap lamban. Sebab itu, upaya ini butuh kerjasama karena masyarakat membutuhkan akses keuangan.

“Bayangkan saja di bulan Oktober kemarin KUR kita sudah 100 persen terserap, tapi kita tidak ada raport. Maka itu disegerakan agar di Desember tahun ini sudah dikukuhkan,” ucapnya.

Pada Rakor ini juga, Herman Deru kembali mengingatkan harus ada kepekaan dalam distribusi keuangan.

“Jadi kepekaan kita harus dirasa, terkhusus semua pihak. Karena kita memang butuh akselarasi untuk akses keuangan daerah. Percepatan akselarasi ini memberikan dampak bagi masyarakat,” paparnya.

Tahun 2021 ini, lanjutnya kabupaten/ kota di sumsel telah terbentuk 17 TPAKD, Jadi semuanya suda ada Surat Keputusan (SK) nya namun baru tujuh yang di kukuhkan dan sisanya sepuluh belum di kukuhkan.

Turut hadir pada kesempatan ini, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Ekowati Retnaningsih, Karo Ekonomi Sumsel, Afrian Joni, Kepala OJK Kantor Regional 7, Untung Nugroho, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Hari Widodo, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumsel, Lydia Kurniawati, Para Kordinator dan Sekretaris Daerah TPAKD se Kabupaten/Kota Sumsel.

Reporter : Aan

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *