Kabupaten Ketapang Dapat Kepercayaan Sebagai Penerima Program Sekolah Bergerak

IMG-20210103-WA0017

KETAPANG,buser86.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang mendapat kepercayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penerima program sekolah penggerak tahun 2021.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Drs. Jahilin, M. P.d. kepada media, menurutnya, sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non-kognitif (karakter) yang diawali dengan SDM kepala sekolah dan guru yang unggul. Program ini akan berlanjut dalam kurun waktu tiga tahun, pada Rabu, (30/12/2020).

Beliau menjelaskan, pada tahun pertama ini, hanya akan ada tiga sekolah yang akan ditunjuk menjadi sekolah percontohan tersebut. Masing-masing satu sekolah, mulai dari tingkat TK, SD, dan SMP.

“Untuk tahun pertama ini, nanti akan ditunjuk tiga sekolah yang dianggap sudah memenuhi syarat-syarat tertentu. Nanti di Ketapang sesuai kewenangan kita akan ada di tingkat TK, SD dan SMP” Katanya.

Beliau menambahkan, dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat, ditahun 2021 ini, hanya ada empat daerah yang ditunjuk pemerintah pusat sebagai penerima program sekolah penggerak, yakni Kabupaten Ketapang, Kubu Raya, Sintang dan Kota Pontianak. Sementara secara nasional akan ada 2.800 sekolah yang berasal dari 100 kabupaten/kota se Indonesia.

Meski telah mengantongi sekolah sekolah yang berpotensi dijadikan sekolah penggerak di Kabupaten Ketapang, pihaknya belum menentukan sekolah mana saja yang nantinya akan dijadikan sekolah percontohan dari pemerintah pusat tersebut.

“Guru-guru pilihan dengan SDM yang berkualitas nanti juga akan kita tempatkan di sekolah penggerak. Nanti dari sekolah penggerak yang sudah ada ini, dia akan menularkan kepada sekolah-sekolah lain, menjadi contoh, menjadi rujukan, menjadi model dan dia menjadi sumber teladan.” Paparnya.

Lebih jauh Beliau menjelaskan program sekolah penggerak terdiri dari lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan, yakni pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan berbasis data dan digitalisasi sekolah.

Selain membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, program sekolah penggerak juga akan mampu mempercepat mutu pendidikan di daerah. Selian itu program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM satuan pendidikan hingga mampu menjadi daerah rujukan praktek baik dalam pengembangan sekolah penggerak (SH).

Kaperwil Kal-Bar/Humpro Ketapang.

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]