Kalteng Bersama Kementan RI Inisiasi Gerakan Tanam Padi Massal Di Kawasan Food Estate

IMG-20210504-WA0044

Buset86.com//Kalteng– Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI Momon Rusmono berkunjung ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam rangka menghadiri acara Gerakan Tanam Massal guna mempercepat tanam padi di Kawasan Food Estate, khususnya di Blok A5, Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas (Dadahup A5), Selasa (4/5/2021).

Tampak hadir dalam rombongan Sekjen Kementan Momon Rusmono, antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI Sarwo Edhy, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI Dedi Nursyamsi, serta sejumlah Pejabat Eselon 2 lingkup Kementan RI.

Sementara itu, tampak hadir mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam acara Gerakan Tanam Massal kali ini, yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Sunarti beserta jajarannya.

Berdasarkan laporan per 2 Mei 2021, realisasi tanam padi Kabupaten Kapuas telah mencapai 19.100 Hektare (Ha) dari target 20.000 Ha (95,5%), dengan realisasi panen telah mencapai 9.711 Ha (48,55%). Masih ada target tanam seluas 900 Ha yang mesti dikebut pengerjaannya, yakni di Blok A5, Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas.

Untuk itu, gerakan percepatan tanam padi secara massal hari ini dimulai pada lahan pertanian seluas 104 Ha di lokasi tersebut. Hal ini telah sesuai dengan target tanam padi massal hari ini yang disampaikan Sekjen Kementan Momon Rusmono pekan lalu. Pada rapat koordinasi Jumat (30/4/2021) pekan lalu, Momon menargetkan Gerakan Tanam Selasa (4/5/2021) pekan ini minimal dapat mencapai 100 Ha lahan, sehingga upaya percepatan tanam di Kecamatan Dadahup dapat menunjukkan hasil yang signifikan.

Adapun pada kesempatan hari ini, Sekjen Momon Rusmono kembali menyampaikan bahwa sebagian kecil lokasi di kawasan Food Estate Kalteng belum selesai ditanami karena harus berhadapan dengan kondisi alam yang cukup menantang. Namun, dengan kembali dilakukannya Gerakan Tanam Massal pada hari ini diharapkan realisasi tanam kawasan Food Estate Kalteng tahap pertama dapat diselesaikan pada bulan Mei ini atau selambatnya awal bulan Juni mendatang. “Insya Allah, dengan gerakan tanam ini, bisa diselesaikan pada Mei atau selambatnya awal Juni 2021,” ujar Sekjen Momon Rusmono.

Tidak hanya menyangkut percepatan tanam di Kecamatan Dadahup, Sekjen Momon menambahkan bahwa kedatangannya bersama rombongan hari ini juga guna mendorong pelaksanaan musim tanam April-September 2021 di kawasan Food Estate Kalteng secara keseluruhan yang meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

Selanjutnya, meski menekankan perlunya stategi yang tepat untuk menghadapi kondisi alam di Dadahup, Sekjen Momon Rusmono menyatakan bahwa pengembangan Food Estate Kalteng tahap pertama tahun 2020 di Kapuas dan Pulang Pisau dinilai berhasil.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melalui Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Sunarti, menyambut baik kunjungan kerja Sekjen Kementan RI bersama rombongan hari ini. Gubernur juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja luar biasa Kementerian Pertanian RI, Kementerian PUPR RI, serta seluruh pihak yang telah mendukung dan bekerja keras untuk pelaksanaan Program Food Estate di Provinsi Kalteng.

Seusai meninjau lokasi tanam massal di Dadahup A5 Desa Bentuk Jaya, rombongan Sekjen Kementan RI didampingi Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng meninjau lokasi Dadahup A2 Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.
(7on)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

September 27, 2021

Buser86.com// KETAPANG, Prokopim-Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si memimpin Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Kepala Perangkat Daerah, Senin (27/9/2021) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati […]

Kapolres Grobogan Pimpin Sertijab Kasat Reskrim

September 27, 2021

Buser86.com//Grobogan-Mutasi yang dilakukan di jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia bukan hal yang baru, baru baru ini Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah merotasi pejabat di lingkungan […]

Tambang Emas ilegal Sudah Puluhan Tahun Tetap Di Lestari kan APH Ketapang

September 27, 2021

Buser86.com// ketapang – Adanya penertiban di setiap lokasi tambang emas ilegal/peti apa yang sudah di lakukan APH Ketapang: mengamankan beberapa orang tersangka tindakan pidana melakukan […]

Polsek Tahunan Jepara Melaksanakan Pengamanan Serta Monitoring Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2

September 27, 2021

Buser86.com//Jepara -Bhabinkamtibmas Polsek Tahunan Polres Jepara Polda Jateng Bripka Dadang melakukan pengamanan dan monitoring terhadap giat vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Balai Desa Tahunan. Senin […]

Kejar Target Sasaran Pasiter TMMD ke-112, Kodim 1203/Ktp Pimpin Apel Pagi

September 27, 2021

Buser86.com// Ketapang- Mengawali aktivitas dilokasi TMMD baik pengerjaan di sasaran fisik maupun nonfisik, Personel Satgas TMMD Ke-112, Kodim 1203/Ktp melaksanakan apel pagi yang dipimpin langsung […]