Kembangkan Jaringan Perkeretaapian Pemprov Kalteng Tanda Tangani MOU Dengan PT INKA (Persero)

Post View : 55
Views
IMG_20220427_094038_compress79

Buser86.com (Kalteng) PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo menghadiri acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan PT Industri Kereta Api (Persero) tentang Rencana Penyelenggaraan Proyek Perkeretaapian Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Rabu (27/4/2022).

Acara tersebut digelar secara hybrid. Hadir pula secara langsung di Aula Jayang Tingang, antara lain Sekretaris Daerah Nuryakin, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung, Kepala Bappedalitbang Karpinor, Kepala Dinas Perhubungan Yulindra Dedy, Kepala Biro Hukum Maskur, serta Kepala Biro Perekonomian Said Salim.

Sementara itu, hadir secara virtual, antara lain Direktur Utama (Dirut) PT Industri Kereta Api (INKA) Budi Noviantoro, Direktur Pengembangan PT INKA Agung Sedaju, dan sejumlah pejabat di lingkungan PT INKA (Persero) lainnya.

Dalam sambutan yang dibacakan Wagub Edy Pratowo, Gubernur Sugianto Sabran mengatakan bahwa dalam rangka pembangunan transportasi perkeretaapian di Bumi Tambun Bungai sebagaimana tercantum dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah Provinsi Kalteng Tahun 2015-2035, Pemprov telah merencanakan pengembangan sistem jaringan transportasi perkeretaapian yang terdiri dari 5 rute. Kelima rute ini dinilai berpotensi membantu meningkatkan perekonomian dan kemudahan mobilitas masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Gubernur, dibutuhkan proses perencanaan yang tepat dan komprehensif agar upaya pengembangan jaringan perkeretaapian dapat menciptakan keharmonisan antara jaringan jalur kereta api dan perencanaan tata ruang wilayah; keterpaduan pengendalian pemanfaatan ruang untuk jaringan jalur kereta api; keterpaduan jaringan jalur kereta api sebagai satu kesatuan sistem jaringan transportasi daerah; serta dapat menciptakan efisiensi penyelenggaraan perkeretaapian.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik inisiasi PT INKA (Persero) untuk membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian di Provinsi Kalteng.

“Apa yang kita laksanakan saat ini adalah sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam membuka ruang dan peluang kepada setiap investor yang akan mengembangkan rencana jaringan transportasi perkeretaapian di Kalimantan Tengah,” ucap Gubernur.

Gubernur pun berharap pola konektivitas yang semakin baik akan membuat mobilitas masyarakat semakin mudah dan lancar, sehingga titik-titik perekonomian baru akan tumbuh.

Sementara sebelumnya, Dirut PT INKA Budi Noviantoro mengungkapkan bahwa proyek perkeretaapian di Provinsi Kalteng ini nantinya tidak hanya akan diperuntukkan bagi angkutan barang, seperti batu bara dan produk-produk Food Estate, namun ke depan juga akan dirintis angkutan untuk penumpang.

Seusai acara di hadapan awak media, Wagub Edy Pratowo mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunan jalur perkeretaapian selama ini sudah ada, tetapi belum ditindaklanjuti dengan baik.

“Nah, ini kita harapkan, MoU ini bisa segera dilaksanakan karena tahapan untuk itu perlu koordinasi lebih lanjut. MoU ini sebagai salah satu bentuk kemajuan keinginan kita bersama untuk membuka mobilitas angkutan hasil-hasil bumi kita, sumber daya alam kita supaya bisa dikeluarkan dengan baik melalui perdagangan, usaha, ekonomi yang baik,” harap Wagub Edy Pratowo.
(@nton)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Kapolri: Kita Kehilangan Tokoh dan Bapak Bangsa

Mei 27, 2022

Yogyakarta Buser86.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mewakili keluarga besar institusi Polri menyampaikan duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum […]

Tutup Festival Musik Jalanan, Kapolri Komitmen Bangun Ruang Demokrasi yang Positif untuk Jaga Persatuan

Mei 27, 2022

Yogyakarta Buser86.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menutup kegiatan festival musik jalanan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 di museum […]

Hendak Menonton Organ, Korban A Asal Manggelewa di Bacok Pemuda Tidak di Kenal di Kecamatan Kempo

Mei 27, 2022

Dompu NTB Buser86.com – Pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2022, sekitar pukul 23.30 wita, Bertempat di Pinggir Jalan Raya ( Teka Dula ) Desa […]

Harman Kades Sandai Kiri Belum Pernah Keluarkan Ijin Pemanfaatan Air Permukaan Ke PT CMI Hingga Saat Ini

Mei 27, 2022

Buser86.com//Ketapang Kalbar – Air yang mengalir dari sungai kediuk ke sungai pawan kembali berubah warna kuning kecoklatan desa Sandai kiri, kecamatan Sandai kabupaten Ketapang Kalimantan […]

Sigap Cipkon, Polres Bima Kota Razia Tempat Hiburan Malam

Mei 27, 2022

Kota Bima, NTB (26/5) Buser86.com – Memastikan harkamtibmas dan meminimalisir penyakit masyarakat, Polres Bima Kota Cipta Kondisi (Cipkon) hiburan malam di wilayah setempat. Giat razia […]