Masyarakat Desa Pagentan Banjarnegara Sambut Idul Fitri 1443 H Dengan Penuh Suka Cita

Post View : 164
Views
IMG-20220502-WA0019

Buser86.com // Pagentan – Menyambut hari raya ldul Fitri 1443 H Tahun 2022 merupakan Ibadah Tahunan bagi umat muslim yang suasananya lain dari hari raya sebelumnya, Senin (2/5/2022).

Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 selama dua tahun yang harus mentaati dengan prokes dalam melaksanakan lbadah bagi umat muslim dan umat lainnya.

Tahun 2022 M ldul Fitri 1443 H disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat yang diadakan di Alun-alun desa Pagentan Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.

Tampak oleh pantauan awak media mulai jam 06.00 wib halaman SMPN Pagentan sudah dipenuhi jamaah kaum muslimin muslimat yang hendak mengikuti Sholat idul Fitri diiringi dengan takbir bersama.

Rangkaian sholat ldul Fitri diawali pada jam 07.00 wib dengan laporan panitia zakat fitra infaq dan shodaqoh yang di bacakan oleh Bapak H. Sofanul Hidayat,S.Ag.

Bertindak sebagai lmam H. Jedmauli S.Ag yang dilanjutkan dengan khutbah ldul Fitri yang di sampaikan H. Paryadi, SE.

H. Paryadi, SE Dalam khutbahnya mengajak dan menyampaikan Syukur kepada Alloh ,SWT karena kita masih diberikan kesempatan sehat dan sempat sehingga dapat melaksanakan lbadah tahunan yaitu ldul Fitri tahun 2022 di tengah mulai pemerintah memberikan kelonggaran untuk lbadah ,dimana sebelumnya dibatasi dan harus menerapkan prokes Covid -19.

Dalam Khutbahnya H. Paryadi, SE juga menyampaikan pesan bahwa selama sebulan puasa kita tidak hanya sekedar mampu menahan lapar dan dahaga mulai imsak sampai terbenamnya matahari waktu saat berbuka, akan tetapi juga diharuskan mampu menahan diri bagaimana supaya terjaga dari hal hal yang bisa membatalkan pahalanya puasa. Manusia pada dasarnya mempunyai 2 bentuk dosa yaitu kepada Alloh dan kepada manusia ( Hablum minnalloh dan Hablum minnannas ) Hubungan vertikal kepada Alloh SWT dan hubungan horisontal kepada manusia .

Dosa kepada Alloh kita cukup dengan taubatan nasuha, tidak akan mengulangi perbuatan dosa, istighfar dan disusul lbadah dengan Istiqomah mencari ridho Allah SWT.

“Sementara dosa kepada manusia kita harus meminta maaf dan saling memaafkan dengan berjabatan tangan, Bersilaturahim dan saling ridho .Terutama kepada kedua orang tua kita, guru- guru kita, para ulama’ , tetangga dan saudara . Dengan demikian kita akan kembali menjadi fitra suci .” Selanjutnya kita pertahankan kesucian tersebut dengan perbuatan yang lebih baik dari tahun kemarin, tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin supaya kita tidak merugi.”

” Semoga semua bentuk lbadah kita selama bulan romadhon diterima Alloh SWT dan kita dapat menjumpai romadhon tahun depan, Amiinn”pungkas H. Paryadi, SE”.

(Gun/Yadi)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Manfaatkan Ruang Terbuka Di Hutan Bambu, Kecamatan Bekasi Timur Gelar Vaksinasi Untuk Masyarakat Sekitar

Mei 23, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas kesehatan Kota bekasi mengadakan vaksinasi lanjutan untuk warga Kecamatan Bekasi Timur dan sekitarnya bertempat di […]

Bantu Studi Lapangan, Pangdam XII/Tpr Terima Audiensi Tim Aju dari Lemhanas

Mei 23, 2022

Buser86.com//Kubu Raya, Senin (23/5/22) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., menerima kunjungan Tim Aju Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) Program […]

Upaya Meningkatkan Tertib Berlalulintas, Satlantas Polres Loteng Pasang Miniatur Lalulintas Berisi Himbauan

Mei 23, 2022

LOMBOK TENGAH, NTB Buser86.com – Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran berlalulintas dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas diwilayah Kabupaten Lombok Tengah, Satuan Lalu Lintas Polres […]

Masyarakat Jayabakt Dan Kepala Desa Memberikan Ucapan kepada kepala Desa Yang Terpilih

Mei 23, 2022

Buser86.com//Sukabumi masyarakat jayabakti, tokoh masyarakat dan kepala desa yang berada di kecamatan cidahu, berdatangan ke desa jayabakti untuk memberikan ucapan kepada kepala desa jayabakti Opic. […]

Update Laporan Covid-19 Per 22 Mei 2022

Mei 23, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Laporan perkembangan Covid-19 Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengeluarkan update pertanggal 22 Mei 2022. Kota Bekasi masuk dalam PPKM […]