Pemda ketapang Lakukan Optimalisasi Fungsi Pasar Rakyat

FB_IMG_1613312867661

Buser86.com//Ketapang – Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian, Ir. H. Husnan, mengatakan bahwa Pemda Ketapang melalui pihaknya telah melakukan pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat atau yang dahulu di kenal dengan sebutan pasar tradisional.

Menurut Beliau, Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian terus melakukan upaya meningkatkan perekonomian pelaku usaha dengan melakukan pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat.

“Pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat sudah berjalan sejak tahun 2017, yang mana anggaran kita terima dari alokasi dana pemerintah, Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat,” Paparnya saat dimintai penjelasan(14/2/2020).

Beliau melanjutkan, dalam beberapa tahun belakangan, ada beberapa kecamatan yang menjadi lokasi pembangunan atau revitalisasi pasar di antaranya Air Upas, Sungai Melayu, Tumbang Titi, Nanga Tayap, Sandai, Sungai Laur dan juga Delta Pawan.

“Beberapa pasar seperti Air Upas, Tumbang Titi sudah beroperasional maksimal, kemudian di Sungai Melayu baru ini sudah bekerjasama dengan Bumdes, sedangkan di Sandai dalam waktu dekat akan operasional,” terangnya.

Lebih lanjut, hak pengelolaan pasar di serahkan kepada pihak desa sehingga proses pengelolaan menjadi bagian dari tanggung jawab desa yang juga memerlukan waktu.

“Jadi kita sudah berupaya melibatkan pihak terkait, bahkan satu diantara upaya mempercepat operasional pasar dengan retribusi awal tidak di lakukan penarikan,” tegasnya.

Namun, Beliau mengakui bahwa memang tidak mudah mengubah sudut pandang pihak terkait dalam hal penggunaan pasar ini, meskipun perencanaan awal pembangunan atau revitalisasi pasar sudah mengacu pada tata ruang wilayah Kecamatan dan diletakkan di lokasi yang status lahannya tidak bermasalah serta strategis namun tidak semua pedagang dapat melihat hal ini.

“Bahkan kita juga terus melakukan sosialisasi soal keberadaan pasar, mengedukasi pelaku usaha agar tidak takut maupun ragu pindah karena ada dari mereka yang beralasan takut tidak laku dan lain sebagainya, Padahal pembangunan pasar sudah sangat refesentatif termasuk dalam kondisi bangunan jika di bandingkan yang dulu,” Jelasnya.

Untuk itu, Beliau meminta agar pihak Desa yang diberi kewenangan dalam pengelolaan pasar dapat membantu untuk terus mengedukasi pelaku usaha agar dapat bersama-sama menjadi pasar-pasar yang telah dibangun menjadi wadah bersama dalam meningkatkan perekonomian untuk menuju kesejahteraan rakyat dan daerah. (SH/NDI/RSK)

(Kaperwil kal-Bar/Humpro Ketapng)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]

Sebanyak 964 Warga Ikuti Vaksinasi Masal Merdeka Candi Polres Pati

September 19, 2021

Buser86.Com//Pati – Menggandeng PT. Dua Kelinci, jajaran Polres Pati kembali menggelar vaksinasi massal, Minggu (19/9/2021). Adapun vaksinasi massal yang bertempat di PT. Dua Kelinci ini […]

Saat Mau Bekerja Tabung Gas Dan Boor Raip

September 19, 2021

Buser86.Com//Palembang – Seorang pekerja pada saat mau bekerja di ketahui Tabung Oksigen dan Bor Milik Korban Telah Hilang pada Hari Jumat Tanggal,18 September 2021 Sekira […]