PJ Sekda Membuka Kegiatan Sosial Pemutakhiran Data indeks Desa Pembangun

FB_IMG_1616195150261

Buser86.com// Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang membuka langsung Kegiatan Sosialisasi Pemutahiran Data IDM Berbasis SDGs Desa Kabupaten Ketapang Tahun 2021, Jum’at (19/03/2021) di ruang rapat utama Kantor Bupati Ketapang.

Pj. Sekda dalam sambutannya menyampaikan bahwa indeks desa membangun (IDM) merupakan indeks komposit yang di bentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi atau lingkungan.

“Perangkat indikator yang di kembangkan dalam indeks Desa membangun di kembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa.” Ujar beliau.

Lebih lanjut beliau juga mengatakan bahwa indeks Desa membangun, memotret langsung tingkat perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi UU Desa dengan dukungan dana desa serta pendampingan Desa yang terstruktur.

Oleh sebab itu, mengingat pentingnya status perkembangn Desa ini, beliau meminta kepada para kepala Desa dan tim tenaga pendamping profesional untuk benar -benar bisa memastikan kebenaran dan kevalidan data yang diinput pada kuesioner IDM sehingga dapat di pertanggungjawabkan secara fakta di lapangan.

“Kondisi saat ini, status perkembangan desa-desa di Kabupaten Ketapang yaitu ada 30 desa kategori mandiri, 33 desa kategori maju, 118 desa kategori berkembang, 68 desa kategori tertinggal dan 4 desa kategori sangat tertinggal.” Jelas beliau.

Beliau juga mengatakan bahwa indeks desa membangun mengarahkan pada ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Berdasarkan keputusan Bupati Ketapang nomor 462/dispmpd b/2019 telah di tetapkan target sasaran desa mandiri sampai dengan tahun 2021 yaitu sebanyak 37 desa.

“Harapan kita target ini bisa di capai di tahun 2021 ini, dan tentunya sesuai dengan tingkat perkembangan yang ada di desa khususnya bagi desa – desa yang menjadi sasaran desa mandiri.” Harap beliau.

“Saya selaku Pj. Sekretaris Daerah mewakili pemerintah daerah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam tahapan pelaksanaan proses pemutakhiran status perkembangan desa melalui kuesioner IDM di Kabupaten Ketapang.” Pungkas Beliau.

Kegiatan tersebut di hadiri juga Kepala dinas PMD, tim tenaga ahli pemberdayaan masyarakat P3MD kab Ketapang, para pendamping desa dan lokal desa, camat, kepala desa, dan operator desa. (dn).

(Kaperwil kal-bar/Humpro Ketapang)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]