Bhayangkara Sosialisasikan Penanganan Demam Terhadap Anak*

Post View : 20
Views
IMG-20220420-WA0118

Buser86.com (Kalteng) Palangka Raya – Setelah pelaksanaan apel pagi, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalteng melakukan sosialisasi kepada orang tua dalam menangani demam terhadap anak bertempat di halaman Paviliun Presisi RS. Bhayangkara Jalan H. Ikap No. 03, Kota Palangka Raya, Rabu (20/4/22) pagi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh narasumber Internal dr. Lia Astuti melalui program Sharing Session yang diselenggarakan bidang Urusan Pendidikan dan Penelitian (Urdiklit) Rumkit Bhayangkara Palangka Raya dengan diikuti seluruh personel.

dr. Lia Astuti menuturkan, demam pada anak adalah suatu kondisi ketika suhu tubuh anak naik melewati batas normal. Demam didefinisikan ketika suhu tubuh anak lebih dari 37,2 derajat Celsius bila diukur dari ketiak, melebihi 37,8 derajat Celsius bila diukur dari mulut, atau di atas 38 derajat Celsius bila diukur dari dubur.

“Anak sakit dengan demam tinggi hingga suhu tubuh mencapai 38 derajat celsius, orang tua bisa memberikan si kecil obat penurun panas. Namun, apabila demam si anak cenderung tidak turun dan tidak hilang selama tiga hari, sebaiknya segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk di diagnosa,” katanya.

Lia menjelaskan, jika anak demam maka setiap orang tua sebaikanya menyediakan obat penurun panas, alat pengukur suhu tubuh seperti termometer digital karena dapat menunjukan hasil yang paling akurat, serta memberikan obat sesuai dosis pemberian dengan usia yang ditentukan.

“Sebaiknya juga siapkan kompres demam atau juga gunakan air hangat. Saat anak mengalami demam, harus diberikan cairan yang banyak, bisa dengan air putih, oralit, maupun susu,” jelasnya.

Lia juga menambahkan jika si kecil rewel kemudian demamnya tinggi, tidur tidak nyaman, pernapasannya atau ada hal-hal lain segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas maupun Rumah Sakit.

“Anak harus segera dibawa ke dokter ketika anaknya jadi banyak tidur saat demam. Jadi kesadarannya terpengaruh, terus tidak aktif, banyak tidur. Selain itu saat demam anak sebaiknya mengenakan pakaian yang biasa dan makanan yang hangat itu juga baik untuk yang sakit,” tambahnya.
(@nton)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Akibat Diduga Tekena Lemparan Benda Tumpul,”Kaca Bus Damri Jurusan Sintang/Pontianak Pecah

Mei 28, 2022

Buser86.com//Kuburaya-Kejadian terjadinya insiden pada hari Selasa 24/5/2022 Pecahnya Kaca sebuah Bus Damri Jurusan dari Kabupaten Sintang / Kota Pontianak Kalimantan Barat yang diduga akibat pelemparan […]

Sosok Almarhum Buya Syafii Maarif Menurut Plt. Wali Kota Bekasi

Mei 27, 2022

Buser86.com // Kota Bekasi – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto turut mengenang Sosok Buya Safii Maarif, yang menjadi suri tauladan bagi Bangsa […]

Plt. Wali Kota Bekasi Ucapkan Turut Prihatin Atas Musibah Keluarga Gubernur Jawa Barat

Mei 27, 2022

Buser86.com Kota Bekasi – Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto turut prihatin atas musibah yang menimpa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hingga kini masih […]

Jumat Berkah Dengan Bersedekah Personil Brimob Polda Kalbar Bagikan Nasi Dijalanan Kota Pontianak

Mei 27, 2022

Buser86.com//Satbrimob Polda Kalbar kembali berbagi kepada masyarakat Kota Pontianak yang kurang mampu yang mereka temui disepanjang jalan. Jum’at (27/5/22). Satbrimob Polda Kalbar kembali melaksanakan kegiatan […]

Pdt Gomar Gultom, Prof Buya Syafii Maarif Wafat Indonesia Kehilangan Tokoh Pluralis

Mei 27, 2022

Buser86.com//Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP), Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta, pukul 10.15 WIB, Jumat (27/5/2022). Buya […]