Buser86.com/Kalteng- Kapuas – Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si sirami 59 anggotanya dengan air bunga usai dikukuhkan kenaikan pangkat dalam upacara Korps Raport di halaman Mako Polres Kapuas, Jumat (31/12/2021).

Personel yang melaksanakan naik pangkat yaitu dari AKP ke KOMPOL sebanyak 2 orang, dari Iptu ke AKP 9 orang, dari Ipda ke Iptu sebanyak 10 orang, Aipda menjadi Aiptu menjadi 7 orang, Bripka ke Aipda sebanyak 18 orang, Brigadir ke Bripka yaitu 7 orang dan Briptu ke Brigadir sebanyak 6 orang.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa siram air bunga ini merupakan tradisi rutin saat personel naik pangkat.

“Yang unik adalah korps raport kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, jadi meskipun tradisi siram air bunga dilakukan namun tetap utamakan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak,” terang Manang.

“Ini merupakan sebuah tradisi yang selalu dilaksanakan agar memberikan motivasi kepada personel yang mendapatkan kenaikan pangkat sehingga menimbulkan rasa bangga terhadap tugas-tugas yang akan diemban dan juga menjadi sebuah motivasi kepada anggota lainnya agar selalu meningkatkan kinerja dalam berdinas,” ujar Kapolres Kapuas.

Menurut Manang, tradisi siraman air bunga dalam upacara kenaikan pangkat ini, memiliki makna penting. Bukan hanya bagi personel yang naik pangkat, tetapi juga bagi Polri secara keseluruhan.

Kenaikan pangkat, lanjutnya, pada hakikatnya merupakan wujud pengakuan, kepercayaan dan penghargaan dari pimpinan Polri atas dedikasi, loyalitas dan prestasi yang telah diberikan selama melaksanakan kedinasan.

“Kenaikan pangkat ini, sudah sepatutnya disyukuri dan perlu disadari pula bahwa seiring dengan kenaikan pangkat yang disandang sekarang, maka tugas dan tanggung jawab akan semakin besar,” terangnya.

Dia berharap, kenaikan pangkat satu tingkat ini, membuat personel Polres Kapuas semakin bersemangat dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.
(@nton)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *