Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Polda Kalteng bersama Polresta Palangka Raya melakukan pengamanan (pam) pada aksi damai yang digelar oleh Aliansi Dayak Kalteng, Jumat (26/11/2021) mulai pukul 09.00 WIB.

Pam aksi damai tersebut pun dilakukan pada Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang dipimpin oleh Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol. Sandi Alfadien Mustofa, S.I.K. dengan didampingi para PJU.

Kapolresta menjelaskan, pam tersebut akan dilakukan mulai dari awal hingga berakhirnya aksi damai tersebut, guna menjaga kondisi keamanan dan ketertiban selama keberlangsungannya.

“Untuk menjaga kondisi kamtibmas aksi damai serta mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang dapat melanggar hukum, dengan pam yang dilakukan oleh ratusan personel gabungan dari Polda Kalteng dan Polresta Palangka Raya,” jelas Kapolresta.

Sekitar 800 orang massa pun hadir mengikuti aksi damai tersebut, yang bergerak mulai dari titik awal di Huma Betang Hapakat Jalan RTA Milono menuju Bundaran Besar, dengan dikawal oleh personel Satlantas.

Setibanya massa di Bundaran Besar, Kapolresta pun menyambut kedatangan Aliansi Dayak Kalteng dengan menyampaikan imbauan kamtibmas guna menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya aksi damai tersebut.

“Kita di sini merupakan keluarga, saudara-saudari sekalian hadir di tempat ini untuk melakukan aksi damai dengan disertai ritual adat dan penyampaian orasi, kami harapkan agar dapat mengikuti aturan yang berlaku,” tutur Kombes Pol. Sandi.

Selain itu, dirinya pun mengingatkan massa aksi damai agar tetap menerapkan serta mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku di masa Pandemi Covid-19 saat ini, demi mencegah terjadinya resiko penularan Virus Corona.

“kita harus sepakat dan bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kota Palangka Raya, serta tetap disiplin untuk menerapkan dan mematuhi prokes pencegahan resiko penularan Covid-19,” imbaunya.

Aksi damai pun berlangsung dengan susunan acara yakni mulai dari pelaksanaan ritual, doa, penjelasan materi aksi damai, Pencak Silat Dayak Kalteng dan penyampaian orasi dari masing-masing perwakilan ormas lokal Kalteng yang tergabung dalam Aliansi Dayak Kalteng.

“Beberapa Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Dayak Kalteng beserta ormas lokal turut serta dalam aksi damai ini, dengan menggunakan atribut yakni alat peraga, perlengkapan Adat Dayak, pengeras suara serta spanduk orasi,” terang Sandi

Beberapa ormas lokal Dayak Kalteng tersebut yakni KDNK, Fordayak, Gerdayak, Batamad Kalteng, Betang Bersatu, Gepak Kalteng, Penyang, PBB Banama, Perpedayak, Bawi Dayak, Relawan Tambun Bungai, Suara Rakyat Kalteng, KDKT, LMMDKT, Pasukan Mandau Apang Baladang Bulau, KSU Rakumpit, Rajah Motanoi, Montong Tejep, Sarang Paroya, LSR, DAD Gunung Mas dan GMPTS.
(@nt)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *