Polres Pati Menangkap Tiga Pelaku Sindikat Pembobol Uang Di ATM Tarik Tunai

IMG-20210327-WA0618

Buser86.com -Petugas Aparat Polres Pati, Jawa Tengah, berhasil menangkap tiga pelaku pembobolan uang di anjungan tunai mandiri (ATM) milik sebuah lembaga perbankan dengan menguras uang hingga Rp100 jutaan rupiah, Jumat (26/03/21)

“Di Kabupaten Pati Jawatengah, ketiga pelaku beraksi di tiga ATM, yakni ATM di Kantor Kemenag Pati, di Rumah Sakit KSH, dan di depan Swalayan ADA. Kerugian ditaksir mencapai Rp100-an juta,” kata Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat saat memimpin gelar perkara di Mapolres Pati, Jumat.

Ketiga tersangka tersebut yang berhasil diamankan, yakni berinisial C, RG, dan DP yang merupakan warga Lampung dan Semarang. Mereka diduga tidak hanya beraksi di Kabupaten Pati, melainkan beraksi di beberapa kota seperti di Kota Klaten, Boyolali, Cirebon, Cianjur dan Depok. Dan kota kota besar lainya.

Dalam menjalankan misi aksinya, RG diketahui bertugas sebagai penunjuk jalan, sedangkan DP bertugas mengawasi dan C sebagai eksekutor dibantu RG.

Modus Baru pembobolan uang di ATM tersebut, Dengan melakukan penarikan uang terlebih dahulu, lantas pelaku mematikan aliran listriknya.

Para Pelaku sebelumnya telah membuka tabungan di BRI dengan identitas palsu. Kemudian menjalankan aksinya di beberapa ATM di Kabupaten Pati Jawatengah.

“Modus Para pelaku dengan cara bertransaksi tarik tunai dengan batas maksimal sebesar Rp1,25 juta untuk ATM pecahan Rp50 ribu dan Rp2,5 juta untuk ATM pecahan Rp100 ribu,” imbuhnya.

Dengan licinnya pelaku tersebut Ketika mesin sedang memproses transaksi pengambilan uang tarik tunai, sebelum tabungannya terdebet, dengan alat yang dimiliki mereka kemudian mematikan aliran listrik di ATM tersebut.

“Para tersangka kemudian mencongkel dan mengambil uang yang terlanjur diproses sehingga mereka mendapatkan uang namun tidak mengurangi tabungannya,” imbuhnya.

Aparat Polisi masih berupaya mendalami dan mengembangkan kasus tersebut guna mengungkap kemungkinan adanya tempat kejadian perkara (TKP) lainnya.

Dengan perbuatannya itu, para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman Kurang lebih sembilan tahun penjara.

Rls-@(Dewan redaksi)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Kejar Target Sasaran Pasiter TMMD ke-112, Kodim 1203/Ktp Pimpin Apel Pagi

September 27, 2021

Buser86.com// Ketapang- Mengawali aktivitas dilokasi TMMD baik pengerjaan di sasaran fisik maupun nonfisik, Personel Satgas TMMD Ke-112, Kodim 1203/Ktp melaksanakan apel pagi yang dipimpin langsung […]

Kerja Exstra Tak Surutkan Semangat Satgas TMMD Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ketapang

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Demi mengejar target, personil Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp bersama masyarakat bekerja exstra di Desa Riam Bunut, Kecamatan […]

Tarik Simpati Anak Desa Satgas TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ktp Buatkan Mainan Kayu

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Anak -anak desa riam bunut semakin akrab dengan Satgas TMMD Reg Ke-112, Kodim 1203/Ktp, Seperti Koptu Kasmin Da’e sangat di senangi anak-anak lantaran […]

Satgas TMMD Reguler Ke -112 Kodim 1203/Ktp Pasang Kerangka Plafon TPA An-Nur

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Perehaban TPA An-Nur merupakan salah satu sasaran fisik pembangunan TMMD Reguler Ke -112 Kodim 1203/Ktp yang sampai saat ini masih terus dikebut pengerjaannya, […]

Melalui TMMD Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp Praka Paul Zinan Pelajari Tehnik Pertukangan

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Beragam pengalaman selama pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp yang berlokasi di Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten […]