Kasdam XII/Tpr Lantik dan Sumpah 322 Bintara Remaja Abit Dikmaba TNI AD

IMG-20210213-WA0020

Buaer86.com//Singkawang, Sabtu (13/2/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang di wakili Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., melantik dan menyumpah 322 orang Bintara remaja Abit Pendidikan Pertama Bintara (Di kmaba) TNI AD tahun 2020 di Tribun Lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr, Jalan Pasir Panjang, Kota Singkawang.

Upacara pelantikan di tandai dengan pelepasan secara simbolis tanda siswa dan pangkat prajurit siswa serta penyematan pangkat baru sebagai Bintara sekaligus penyerahan ijazah yang di lanjutkan pengambilan Sumpah Prajurit oleh 322 Bintara, yang di pimpin langsung Kasdam XII/Tpr.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama mengatakan, upacara pelantikan menandai telah berakhirnya Dikmaba TNI AD, sekaligus para Bintara telah memperoleh status sebagai prajurit TNI AD yang berjati diri sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Lanjut kata Kasdam, begitu juga pengambilan sumpah yang mutlak harus di laksanakan sebagai wujud pengakuan negara terhadap seorang Prajurit TNI AD, Selain itu, mengandung kewajiban bagi seorang Prajurit untuk setia secara lahir dan batin kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, juga ketaatan pada hukum yang berlaku serta menjunjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

“Perubahan status dari sipil menjadi Bintara TNI AD, membawa konsekuensi logis sebagai awal dari tuntutan tugas yang harus di emban sebagai abdi negara di bidang pertahanan dan sebagai amanah yang harus di pertanggungjawabkan dihadapan Tuhan YME, kepada TNI, rakyat, bangsa dan negara,” kata Kasdam saat membacakan amanat Pangdam XII/Tpr.

Dalam momen bahagia tersebut, Kasdam XII/Tpr mengucapkan selamat atas keberhasilan para mantan siswa dalam menyelesaikan pendidikan, Mereka yang mampu menyelesaikan pendidikan adalah orang-orang yang terpilih dan memiliki mental baja untuk menjadi seorang Prajurit TNI AD.

“Oleh karenanya tunjukkan dan buktikan dengan sikap dan perilaku nyata pada saat mengikuti pendidikan lanjutan maupun pada saat bertugas nantinya,” tegas mantan Waaspam Kasad.

Di akhir amanat Kasdam XII/Tpr menekankan kembali, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, dengan harapan Lembaga Pendidikan ini tetap aman dari penyebaran Covid-19 sehingga dalam penyelenggaraan Pendidikan selanjutnya dapat di laksanakan dengan maksimal.

“Kepada Danrindam XII/Tpr beserta jajaran, saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan pendidikan ini, sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” pungkas Brigjen TNI Djaka Budhi Utama.

Turut hadir dalam upacara, Danrindam XII/Tpr, para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Komandan Satuan dan Kabalak Kodam XII/Tpr, para Kabag serta para Dansatdik Rindam XII/Tpr.

(Pendam XII/Tpr)
(kaperwil kal-Bar)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]