Buser86.com// Ketapang – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Kodim 1203/Ktp melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penamaman pohon Angsana, Ketapang Kencana dan Mangrove (Bakau) di Areal Pantai Celincing, Desa Sukabaru Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Sabtu (19/6/2021).

Kegiatan penghijauan ini juga dihadiri oleh Kades Desa Baru Beserta Perangkat Desa, Kelompok sadar wisata celincing bersatu serta beberapa Ormas Dan Komunitas di Kabupaten Ketapang.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Kodim Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta SH.M.SC,.mengungkapkan,” kegiatan ini bertujuan menciptakan lingkungan yang hijau baik di desa maupun di kota, dengan demikian untuk pelestarian lingkungan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja,”ungkapnya.

Dandim berharap kegiatan ini terus berkesinambungan, karena penghijauan merupakan salah satu bentuk kepedulian atau wujud kita dalam menjaga lingkungan, Pohon-pohon yang ditanam ini akan mengatasi polusi, erosi, menyuplai oksigen bagi manusia, menjaga satwa dan lain-lain, oleh karenanya mari kita tingkatkan sinergitas “ujarnya.

Selain itu penghijauan juga dapat meningkatkan perekonomian “Ketika ada lahan kosong atau terlantar, sebaiknya ditanami, dengan tanaman yang memiliki nilai ekonomis, karena hal tersebut salah satu upaya menghijaukan lingkungan sekaligus memberi efek positif pada kesehatan dan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Dandim mengajak dan menghimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, “Dengan Penanaman pohon ini mari sama-sama kita jaga lingkungan kita tetap hijau dan sehat,” tandasnya.

Sementara itu, Disparbud Kab. Ketapang Drs. Yulianus MAP mengucapkan terimakasih atas kegiatan ini kepada Kodim 1203/Ktp khususnya kepada Dandim 1203/ktp, Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta SH.M.Sc yang mana telah memprakarsai Kegiatan penanaman mangrove pesisir pantai Celincing, Karena menanam pohon tentunya banyak lagi manfaat yang kita rasakan seperti mencegah terjadinya banjir dan erosi,mengurangi polusi udara, menjaga satwa, dan lain-lain, semoga hal ini bermanfat untuk anak cucu”tutupnya.
(Syahrianto/Pendim 1203)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *