Buser86.Com// Cipatat –  Guna memberikan gambaran nyata kepada siswa Dikcabpa TNI AD TA 2021 tentang pelaksanaan tugas setiap kecabangan dalam suatu operasi pertempuran, Kodiklatad menyelenggarakan sebuah latihan yang mensimulasikan kerja sama antar kecabangan dalam hubungan batalyon tim pertempuran. Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. meninjau pelaksanaan Latihan YTP Ancab Dikcabpa TNI AD TA 2021 di daerah latihan Pusdikif Pussenif Kodiklatad, Cipatat. Rabu (22/12/2021)

Latihan yang dimulai dari tanggal 20 s.d. 22 Desember ini diikuti oleh 1.734 Perwira Siswa Pendidikan Kecabangan Perwira TNI AD baik kecabangan tempur, kecabangan bantuan tempur dan kecabangan bantuan administrasi. Digelar di daerah latihan Cipatat Kompleks dengan melibatkan beberapa alutsista khas masing-masing kecabangan sebagai alat isntruksi (alins), latihan ini diharapkan akan membekali kemampuan tempur Pasis Dikcabpa TNI AD mulai tingkat perorangan s.d. kerja sama satuan antar kecabangan dalam hubungan Batalyon Tim Pertempuran.

Dalam kunjungannya, Dankodiklatad menyaksikan bagaimana para pelaku latihan yang sebelumnya sudah melaksanakan pergerakan taktis menuju petak serangan, lalu mulai melakukan langkah-langkah serangan hingga tahap konsolidasi. Setelah itu seluruh Pasis berkumpul di Lapangan Tembak 600 untuk mendengarkan pengarahan dari Dankodiklatad. Diawali dengan pengenalan tentang profil Dankodiklatad, beliau menyampaikan bahwa Pendidikan Kecabangan Perwira diselenggarakan dalam rangka membangun karakter dan ilmu pengetahuan perwira sehingga menghasilkan perwira yang handal dan siap melaksanakan tugas. Beliau berharap agar seluruh perwira yang akan menempati satuan-satuan baru di seluruh Indonesia nantinya dapat selalu berbuat yang terbaik dalam segala hal.

Pengarahan Dankodiklatad dilanjutkan dengan menyampaikan prinsip hidup yang dipegang teguh olehnya hingga saat ini yaitu bekerja dengan hati, profesional dan selalu bersyukur, berikut contoh implementasi nyatanya pada masing-masing bidang. Sebelum mengakhiri pengarahannya, Dankodiklatad memberikan sejumlah penekanan di antaranya agar para siswa menjadikan latancab ini sebagai sarana memahami mekanisme latihan, agar menyerap, ingat dan terapkan ilmu yang didapat di satuannya kelak, agar para siswa tidak berpikir pertempuran akan dimenangkan oleh satu kecabangan saja dan yang terakhir Dankodiklatad mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara latihan dan berharap evaluasi dan kajian tetap dilaksanakan untuk penyempurnaan latihan selanjutnya.

Dengan berakhirnya Latihan YTP Ancab Dikcabpa TNI AD TA 2021 maka Pendidikan Kecabangan Perwira TNI AD TA 2021 dinyatakan selesai dan kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Penutupan Pendidikan yang dipimpin oleh Dankodiklatad.

Turut hadir Danpussenif Kodiklatad, Wadan Kodiklatad, para Danpussen jajaran Kodiklatad, para Direktur Kodiklatad dan para Danpusdik jajaran Kodiklatad serta Dirdik Akmil.

Reporter : Aan

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *