Buser86.com//KENDAL – Dalam rangka menjalin Silaturahmi dan Komunikasi Sosial, Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii melakukan kunjungan silaturahmi kepada beberapa tokoh agama dan Pondok Pesantren di Kabupaten Kendal, Selasa (4/1/2022).

Adapun yang dikunjungi diantaranya kediaman Ketua MUI Kabupaten Kendal, KH Asro’i Thohir di Kampung Sabranglor RT 05/RW 06 Desa Kutoharjo,  Kecamatan Kaliwungu.

Selanjutnya ke Ponpes Manbaul Hikmah, di Kampung Padolengan RT 05/06 Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu untuk menemui pengasuh Ponpes KH DR Suyuti Murtadho.

Kunjungan Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii didampingi Danramil 11/ Kaliwungu Kpt Inf Agus DL, beserta Babinsa Mororejo Peltu M Muhklisin dan Babinsa Kutoharjo Serda Aldy, serta Danunit Intel Letda ihwan beserta anggota.

Dalam kunjungannya di kediaman Ketua MUI Kabupaten Kendal, KH Asro’i Thohir, membahas tentang bela negara dan perwujudannya dalam berbagai aspek kehidupan.

Menurut Asro’i Thohir, membela negara bukan hanya tugas dan tanggung jawab dari aparat keamanan seperti polisi atau TNI saja.

“Namun juga hak sekaligus kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam membela negara sesuai dengan kemampuan masing-asing untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Hal ini menurut Asro’i Thohir, sesuai dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

“Yang dimaksud dengan bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan bentuk partisipasi bela negara TNI / POLRI dan masyarakat serta Toga Tomas membantu masyarakat Kabupaten Kendal dalam penanggulangan banjir.

“Itu juga sebagai bentuk bela negara. Saya menyarankan, kalau bisa di Kecamatan Kaliwungu Selatan bisa didirikan Koramil baru. Sehingga keamanan dan kenyamanan warga disana bisa lebih terjaga,” ujarnya.

Sementara ity Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii menyampaikan, kedatangannya disamping dalam rangka Silaturahmi, juga dalam rangka menjalankan program kegiatannya ke pondok pondok pesantren.

“Dengan tujuan untuk memantapkan kebersamaan antara ulama dan Umaroh. Sekaligus memohon bantuan doa dan restu agar pelaksanaan tugasnya dan jajarannya dapat berjalan dengan lancar,” ujar Dandim.

Dalam obrolan terkait Bela Negara, Letkol Inf Jenry Polii menegaskan,
perwujudan Bela Negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan Partisipasi masyarakat dalam upaya pembelaan negara dapat dilakukan dalam berbagai bidang kehidupan.

“Baik bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan sesuai dengan bidang profesinya masing-masing;” kata Dandim.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Ponpes Manbahul Hikmah, Dandim 0715/Kendal beserta jajaran mendapat sambutan hangat dari KH DR Suyuti Murtadho selaku Pengasuh Ponpes beserta keluarga.

Pada kesempatan tersebut Suyuti menyampaikan  terima kasih atas kunjungan Dandim ke kediamannya.

“Ada 1.000 santri yang belajar disini. Disamping mendapatkan pendidikan keagamaan santri juga mendapatkan pendidikan umum. Semoga silaturahmi ini terjaga dengan baik, serta program-program dari Kodim bisa bermanfaat dan mensejahterakan masyarakat,” ungkap Suyuti. (HS).

Rls-@(Kodim&Dwn)

Bagikan:

Aditya b86

Media Buser 86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *