Bupati Ketapang Berstatus Siaga Darurat Asap

FB_IMG_1614729734852

Buser86.com//ketapang- Pemerintah Kabupaten Ketapang secara resmi menetapkan Kabupeten Ketapang sebagai daearah dengan status siaga darurat asap, mengingat masih banyak terjadi karhutla di beberapa kecamatan sejak bulan Februari 2021 yang mengakibatkan polusi udara.

Di jelaskan oleh bupati, bahwa Gubernur Kalbar meminta pada setiap kepala daerah yang daerahnya potensial terjadi karhutla agar di tetapkan sebagai daerah dengan status siaga asap.

“Atas atensi Bapak Gubernur, kita merespon supaya Kabupaten Ketapang ini ditetapkan sebagai siaga kabut asap, hal ini karena memang potensi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ketapang masih tinggi intensitasnya,” kata Bupati, pada Senin (1/3/2021).

Beliau menuturkan, dengan ditetapkannya siaga kabut asap di Kabupaten Ketapang, maka dapat menjadi dasar Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap tidak dapat di tanggulangi oleh kabupaten secara mandiri, namun harus terintegrasi antara Pemprov, dan Pemerintah Pusat,” Jelas Bupati.

Lebih lanjut, dengan di tetapkannya sebagai daerah dengan status siaga darurat asap, bisa menjadi dasar bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memberikan bantuan, Menurut beliau, status siaga akan menjadikan daerah yang mendapat skala prioritas bantuan apabila terjadi bencana kabut asap akibat karhutla.

“Tetapi kalau kita misalnya tidak ada status siaga kabut asap, tiba-tiba kita minta bantuan, susah. Jadi, kita tetapkan dulu, makanya Pemerintah Kabupaten Ketapang menetapkan siaga kabut asap dengan tujuan ini bisa segera di respon oleh pemerintah pusat.” Terang Bupati.

Untuk diketahui, selain Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sanggau juga menjadi kabupaten yang menetapkan siaga darurat asap di Kalimantan Barat. Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos berharap, Kabupaten Kubu Raya juga bersedia untuk segera menetapkan siaga kabut asap, mengingat Kabupaten Kubu Raya juga menjadi daerah yang rawan kabut asap akibat karhutla karena banyak memiliki daerah bergambut.

“Mudah-mudahan, Bupati Kubu Raya juga segera menetapkan (baca : siaga kabut asap),” Pungkasnya. (sh)

Kaperwil kal-bar/Humpro Ketapang

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]