Buser86.com/Palangka Raya- Wakil Gubernur (Wagub) Habib Ismail Bin Yahya menghadiri acara Peringatan Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021, bertempat di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya pada Minggu (23/5/2021).

Acara Peringatan Hari Jadi Kalteng tahun ini digelar secara sederhana dan terbatas, dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat di mana para tamu undangan, panitia, maupun awak media diharuskan telah melakukan tes swab PCR sebelum mengikuti kegiatan ini. Acara Peringatan Hari Jadi Kalteng di Aula Jayang Tingang digelar secara hybrid, yakni dengan tatap muka terbatas dan secara virtual.

Tampak hadir langsung di Aula Jayang Tingang sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalteng, di antaranya Ketua DPRD Wiyatno, Kapolda Irjen Pol Dedy Prasetyo, dan Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto. Kemudian, hadir pula Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Asisten dan Staf Ahli Gubernur, serta sejumlah Kepala Instansi Vertikal dan seluruh Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng.

Sementara, tampak hadir secara virtual melalui konferensi video, Bupati dan Wali Kota dari 14 Kabupaten/Kota di Kalteng beserta jajarannya dan Forkopimda setempat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan organisasi pemuda, serta kalangan akademisi. Selain itu, tampak hadir pula secara virtual mantan Gubernur Kalteng Teras Narang dan mantan Wakil Gubernur Kalteng Nahson Taway.

Rangkaian acara sederhana Peringatan Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalteng ini diawali dengan Lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan menampilkan tayangan video Sejarah Singkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Mengawali sambutannya, Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan pesan permintaan maaf Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang tidak dapat hadir langsung untuk bergabung di Aula Jayang Tingang. “Beliau tidak bisa hadir langsung ke tempat ini berhubung beliau diminta untuk melakukan isolasi mandiri demi kepentingan nanti untuk melaksanakan pelantikan dua hari lagi tanggal 25 Mei 2021 di Istana Presiden. Jadi, beliau mohon maaf dan titip salam kepada kita semua karena tidak bisa hadir langsung di sini,” ucap Wagub Kalteng Habib Ismail.

Pada momen Hari Jadi Provinsi Kalteng ini, Wagub Kalteng menyampaikan, ”Saya secara khusus memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendahulu kita yang telah berjasa membangun Kalimantan Tengah serta seluruh elemen masyarakat yang telah mewarnai perubahan Provinsi Kalimantan Tengah, sehingga berbagai kemajuan pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah sudah kita rasakan hingga saat ini.

Wagub Habib Ismail juga mengutarakan bahwa di tengah suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara seremonial dan seluruh rangkaian Hari Jadi Kalteng tahun ini ditiadakan. “Hari Jadi kali ini kita peringati secara sederhana. Peringatan Hari Jadi Kalteng pada tahun 2020 dan 2021 memang terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun saya harapkan tentunya tidak mengurangi makna penting yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah daerah kita,” ungkap Wagub Kalteng.

Pada kesempatan itu, Wagub juga menekankan bahwa keberhasilan penanganan Covid-19 memerlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, terutama kedisiplinan mematuhi Protokol Kesehatan 5 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Wagub juga mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk bangkit bersama memulihkan perekonomian yang turun akibat dari dampak pandemi Covid-19. “Selanjutnya, saya juga mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Tengah, mari kita bersama-sama bangkit menata kembali perekonomian dengan berbagai inovasi yang kreatif. Dengan tekad yang kuat, sinergi dan doa kita semua, Isya Allah, perekonomian kita akan segera pulih,” ujar Wagub Kalteng.

Kemudian, dalam kesempatan itu juga Wagub Kalteng Habib Ismail berpamitan menyusul akan segera berakhirnya masa jabatan sebagai Wagub Kalteng dalam beberapa hari ke depan. “Peringatan Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 ini juga bertepatan dengan akhir dari Pemerintahan Gubernur H. Sugianto Sabran bersama saya. Jadi, sebentar lagi, 2 hari lagi alhamdullilah wa syukurilah saya pensiun, 2 hari lagi, di era Pemerintahan 2016-2021. Dan, saya juga secara pribadi dan keluarga menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya atas dukungan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah dan juga kepercayaannya, sehingga kami berdua bisa menyelesaikan periode 2016-2021 ini tanpa mengalami halangan, rintangan, dan hambatan yang besar. Semuanya bisa dilalui dengan semangat kebersamaan,” ungkap Wagub Kalteng Habib Ismail.

Wagub juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama seluruh jajaran Pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Kalteng, instansi dan lembaga vertikal, TNI/Polri, dunia usaha, organisasi sosial politik, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, akademisi, serta semua pihak.

Adapun tema yang diangkat pada Peringatan Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalteng tahun 2021 kali ini adalah “Kalimantan Tengah Semakin Berkah”. Wagub mengemukakan bahwa di usia yang ke-64 tahun ini, Kalteng perlu terus berbenah dan mengalami kemajuan signifikan di sejumlah sektor pembangunan.

“Kami berupaya mewujudkan pembangunan yang merata di Kalimatan Tengah, terutama fokus membuka keterisolasian wilayah demi mewujudkan Kalteng yang lebih maju dan sejahtera. Pembangunan jalan dan jembatan terus dirampungkan untuk menunjang dan mempermudah akses masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari maupun ekonomi di mana pembangunan infrastruktur meliputi upaya pembangunan sistem transportasi, pengembangan struktur ruang, pemerataan pengembangan penduduk, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi demi mewujudkan Kalteng yang semakin Berkah,” ungkap Wagub Kalteng.

Selain itu, Provinsi Kalteng telah mendapatkan kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo untuk pengembangan Program Strategis Nasional (PSN) dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, yaitu Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, serta Cadangan Logistik Strategis (CLS) singkong di Kabupaten Gunung Mas. “Program-program nasional ini tentunya akan berdampak positif terhadap pembangunan dan pertumbuhan perekonomian Kalimantan Tengah, yaitu terciptanya banyak lapangan kerja serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng. Melalui acara pada hari ini, saya mengajak, mari bersama-sama kita dukung keberhasilan Program Strategis Nasional ini untuk mewujudkan Kalimantan Tengah yang semakin Berkah,” kata Wagub Kalteng.

Mengakhiri sambutannya, Wagub Kalteng menyampaikan selamat atas Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalteng. “Saya, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga dengan bertambahnya usia ini akan lebih menguatkan tekad kita untuk bersama-sama mewujudkan Kalimantan Tengah yang semakin Berkah, maju, jaya, dan sejahtera, serta terbebas dari Pandemi Covid-19. Dirgahayu Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Sementara itu, mewakili Forkopimda Provinsi Kalteng, Ketua DPRD Wiyatno dalam sambutannya mengingatkan bahwa momen hari jadi dapat menjadi cerminan atas capaian pembangunan yang telah diraih. Dikatakannya, meski banyak kemajuan yang sudah dicapai di Kalteng, namun harus diakui masih banyak hal-hal yang belum dilaksanakan. “Kita harus terus bersemangat bekerja giat dan ikhlas, berpikir cermat dan inovatif agar Kalimantan Tengah dapat berdiri sejajar dengan provinsi lain yang lebih maju dan unggul,” harapnya.

Wiyatno mengakui, meskipun masih banyak kekurangan, namun banyak perubahan serta kemajuan yang sudah dicapai selama ini. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalimantan Tengah meningkat cukup baik, persentase penduduk miskin Kalteng berdasarkan survei sosial ekonomi mengalami penurunan, PAD (Pendapatan Asli Daerah) mengalami peningkatan signifikan meskipun pada tahun 2020 mengalami penurunan akibat dampak pandemi Covid-19,” beber Ketua DPRD Kalteng tersebut.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadi motor penggerak dan agen perubahan dalam kegiatan pembangunan yang penuh tantangan dan harapan ini. “Kita harus memiliki cita-cita yang besar untuk menjadikan Kalimantan Tengah sebagai salah satu provinsi yang maju dan mandiri, menjadi andalan yang menyangga Ibukota negara baru dan menjadi daerah lumbung pangan nasional Indonesia dengan program Food Estatenya,” imbuh Wiyatno.

Lebih lanjut, Wiyatno berharap Kalteng dapat menyelenggarakan pemerintahan yang adil, merata, dan transparan, serta akuntabel. “Masyarakat lokal harus mendapatkan perhatian yang serius dalam berbagai kebijakan pemerintah. Mereka diberdayakan menjadi petani produktif dan petani kebun yang dapat menyejahterakan masyarakat dan keluarganya. Bukan hanya sekadar menjadi buruh pabrik atau buruh perusahaan. Kehadiran perkebunan swasta besar, pertambangan, dan program strategis nasional Food Estate di Kalteng benar-benar harus mampu memberi manfaat, benar-benar dirasakan oleh semua masyarakat, dan membawa perubahan, kesejahteraan. Mereka harus menjadi subjek sekaligus menjadi objek yang bermartabat dari berbagai kebijakan yang ditetapkan,” tegasnya.

Menutup sambutannya, Wiyatno mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memaknai pandemi Covid-19 secara cerdas dan bijaksana, yakni dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi. “Meningkatkan kapasitas dan profesionalitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar kita mampu keluar dari berbagai permasalahan akibat dampak pandemi Covid-19,” jelas Wiyatno.

Acara Peringatan Hari Jadi Ke-64 Provinsi Kalteng ini juga dirangkai dengan penyerahan Penghargaan Gubernur dalam Rangka Menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020 serta dalam Rangka Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalteng Tahun 2020.
(7on)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *