Kabupaten Ketapang Di Tetapkan Sebagai Siaga Kabut Asap

IMG_20210302_174815

Buser86.com//Ketapang – Mengingat Kabupaten Ketapang menjadi salah satu daerah di Kalbar yang rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berdampak pada kualitas udara, Bupati Ketapang Martin Rantan mangaku sangat setuju atas atensi dari Gubernur Kalbar terhadap status siaga.

“Kita merespon supaya Kabupaten Ketapang ini di tetapkan sebagai siaga kabut asap, hal ini karena memang potensi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ketapang masih tinggi intensitasnya,” papar Martin, Senin (1/3/2021).

Martin mengatakan, dengan di tetapkannya siaga kabut asap di Kabupaten Ketapang, dapat menjadi referensi pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Ini bisa menjadi referensi Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memberikan bantuan. Tetapi kalau kita misalnya tidak ada status siaga kabut asap, tiba-tiba kita minta bantuan, susah. Jadi kita tetapkan dulu, makanya Pemerintah Kabupaten Ketapang menetapkan siaga kabut asap dengan tujuan ini bisa di respon oleh pemerintah pusat,” tutur Martin Rantan yang kini kembali terpilih menjadi Bupati Ketapang.

Martin menyatakan, penanganan kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap tidak dapat di tanggulangi oleh Kabupaten secara mandiri, namun harus terintegrasi antara Pemprov dan Pemerintah Pusat.

Martin menerangkan, selain Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sanggau juga menja di kabupaten yang menetapkan siaga kabut asap di Kalimantan Barat.

Untuk itu, Martin berharap Kabupaten Kubu Raya juga segera menetapkan siaga kabut asap, karena memang saat ini Kubu Raya menjadi daerah yang rawan kabut asap akibat Karhutla.

“Harusnya Kubu Raya (juga menetapkan siaga kabut asap) karena di sana banyak gambut juga, jadi mudah-mudahan Bupati Kubu Raya juga segera menetapkan (siaga kabut asap),” harapnya.

(Kaperwil kal-bar/Humpro Ketapang)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polsek Tahunan Jepara Melaksanakan Pengamanan Serta Monitoring Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2

September 27, 2021

Buser86.com//Jepara -Bhabinkamtibmas Polsek Tahunan Polres Jepara Polda Jateng Bripka Dadang melakukan pengamanan dan monitoring terhadap giat vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Balai Desa Tahunan. Senin […]

Kejar Target Sasaran Pasiter TMMD ke-112, Kodim 1203/Ktp Pimpin Apel Pagi

September 27, 2021

Buser86.com// Ketapang- Mengawali aktivitas dilokasi TMMD baik pengerjaan di sasaran fisik maupun nonfisik, Personel Satgas TMMD Ke-112, Kodim 1203/Ktp melaksanakan apel pagi yang dipimpin langsung […]

Kerja Exstra Tak Surutkan Semangat Satgas TMMD Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ketapang

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Demi mengejar target, personil Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 1203/Ktp bersama masyarakat bekerja exstra di Desa Riam Bunut, Kecamatan […]

Tarik Simpati Anak Desa Satgas TMMD Reg Ke-112 Kodim 1203/Ktp Buatkan Mainan Kayu

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Anak -anak desa riam bunut semakin akrab dengan Satgas TMMD Reg Ke-112, Kodim 1203/Ktp, Seperti Koptu Kasmin Da’e sangat di senangi anak-anak lantaran […]

Satgas TMMD Reguler Ke -112 Kodim 1203/Ktp Pasang Kerangka Plafon TPA An-Nur

September 27, 2021

Buser86.com//Ketapang – Perehaban TPA An-Nur merupakan salah satu sasaran fisik pembangunan TMMD Reguler Ke -112 Kodim 1203/Ktp yang sampai saat ini masih terus dikebut pengerjaannya, […]