Kejati Kalbar Turun Kelapangan Cek Proyek Abrasi Pantai Sambas

IMG-20210421-WA0004

Buser86.com//Pontianak, tabloidskandal. Com Proyek pengaman pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat oleh Ketua PW BAIN HAM RI (Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia) Syafriudin di laporkan ke Kejati Kalbar pada tanggal 1 Februari 2021.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Dr.Masyhudi, SH. MH mengatakan, saat ini Tim Kejati Kalbar sedang membuat telaahan dan akan turun kelapangan untuk telah membuat telaahan dan akan turun mengecek kebenarannya.

“Saya cek, tim lagi buat telaahan dan akan turun kelapangan untuk mengecek kebenaran laporan tersebut,”ujar Masyhudi pada Selasa, 20 April 2021.

Sebelumnya diberitakan, Proyek pengaman pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat belum seumur jagung selesai dikerjakan sudah mengalami kerusakan pada Minggu, 14 Februari 2021, Kerusakan terlihat dibagian sayap abrasi ambrol dan pecah.

Dari informasi yang dihimpun oleh media ini bahwa proyek pengaman pantai itu menggunakan dana APBN sebesar Rp3,9 Milyar, dikerjakan oleh CV. CGV dan dikelola oleh BWS 1 Provinsi Kalimantan Barat, Kerusakan proyek inipun oleh Badan Advokasi Investigasi Hak Azasi Manusia Republik Indonesia telah diadukan ke Kejati Kalbar.

Dewan Pimpinan Wilayah BAIN HAM RI Kalimantan Barat, Syafriudin menyebut sudah menyampaikan surat ke Kejati Kalbar terkait pembangunan proyek pengamanan pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang mengalami kerusakan padahal belum lama selesai dikerjakan.

“Surat tersebut saya sampaikan ke Kejati Kalbar pada tanggal 1 Februari 2021, Isi suratnya tentang pengaduan proyek pengaman pantai yang baru selesai dikerjakan tapi sudah rusak,”ujar Suafriudin kepada viva Minggu, 14 Februari 2021.

Ia mengatakan, pembangunan pengaman Pantai kabupaten Sambas tersebut nilai dananya Rp3,9 Milyar di kerjakan oleh Cv.CGV, sumber dana APBN dan anggaran di kelola oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan 1 Tahun anggaran 2020.

“Saya minta Kejati Kalbar agar segera turun kelapangan melakukan investigasi dan penyelidikan lebih lanjut. Dan apabila nanti terbukti ada kesalahan agar diproses secara hukum,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satker BWS 1 Kalimantan Barat, Darwadi mengatakan, kalau proyek yang terjadi rusak sudah mulai diperbaiki dan kerusakan disebabkan oleh faktor alam yang ekstrem, Perbaikan sudah selesai dan malah di tambah penahan rayapan gelombang baru dipasang joging track.

“Pengaman pantai yang rusak sudah dilakukan perbaikan, dan kami ada tambah sayap supaya lebih bagus,”tuturnya.
(Sy-RH)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

SAAT PIMPIN RAPAT SEKDA KETAPANG MENGAJAK KEPALA PERANGKAT DAERAH UNTUK KOMPAK MENDUKUNG PEMBANGUNAN PEMERINTAH

September 27, 2021

Buser86.com// KETAPANG, Prokopim-Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si memimpin Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Kepala Perangkat Daerah, Senin (27/9/2021) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati […]

Kapolres Grobogan Pimpin Sertijab Kasat Reskrim

September 27, 2021

Buser86.com//Grobogan-Mutasi yang dilakukan di jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia bukan hal yang baru, baru baru ini Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah merotasi pejabat di lingkungan […]

Tambang Emas ilegal Sudah Puluhan Tahun Tetap Di Lestari kan APH Ketapang

September 27, 2021

Buser86.com// ketapang – Adanya penertiban di setiap lokasi tambang emas ilegal/peti apa yang sudah di lakukan APH Ketapang: mengamankan beberapa orang tersangka tindakan pidana melakukan […]

Polsek Tahunan Jepara Melaksanakan Pengamanan Serta Monitoring Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2

September 27, 2021

Buser86.com//Jepara -Bhabinkamtibmas Polsek Tahunan Polres Jepara Polda Jateng Bripka Dadang melakukan pengamanan dan monitoring terhadap giat vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Balai Desa Tahunan. Senin […]

Kejar Target Sasaran Pasiter TMMD ke-112, Kodim 1203/Ktp Pimpin Apel Pagi

September 27, 2021

Buser86.com// Ketapang- Mengawali aktivitas dilokasi TMMD baik pengerjaan di sasaran fisik maupun nonfisik, Personel Satgas TMMD Ke-112, Kodim 1203/Ktp melaksanakan apel pagi yang dipimpin langsung […]