Komisi II DPRD Kab Ketapang Kunjungan Kerja Ke Dinastanbun dan kantor ATR/BPN Kab Ketapang

FB_IMG_1611139952286

Buser86.com-ketapang-Langkah yang di lakukan Komisi II DPRD Kab Ketapang dalam menyikapi pengaduan masyarakat khususnya masalah tumpang tindih HGU dengan tanah yang di klaim milik masyarakat di area perkebunan di Kabupaten Ketapang serta masalah Koperasi pola kemitraan di tindaklanjuti dengan koordinasi dan konsultasi ke Dinas yang terkait.

Selasa, 19 Januari 2021, Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang yang di ketuai Uti Royden Top, bersama anggota melakukan kunjungan kerja ke Dinas Distanakbun Kabupaten Ketapang, yang di terima L, Sikat Gudag, M Si di ruang kerjanya.

Pada kesempatan tersebut anggota DPRD mempertanyakan prihal masalah HGU dan Koperasi pola Kemitraan dan permasalahan Tumpang tindih lahan serta evaluasi HGU.

Mendapat pertanyaan tersebut Kadis Perkebunan Ir, L Sikat Gudeg, M. Si menjelaskan permasalahan itu telah kami sikapi salah satunya adalah dengan pemberitahuan kepada Perusahaan agar mengoptimalkan lahan-lahan sesuai HGU untuk dikelola, perlu kami sampaikan pada pertemuan ini bahwa Pemerintah Daerah khususnya Bupati Ketapang akan mengambil sikap tegas dan evaluasi terhadap HGU yang belum di kelola.

Masalah perkebunan sudah ada perdanya termasuk pola kemitraan, permasalahan sengketa lahan jika di tarik kebelakang yang berperan itu adalah Desa, karena data awalnya dari situ, lihat dulu silsilahnya batasan-batasan kami ada dalam aturan Dinas Perkebunan.

Hal lain di sampaikan oleh kepala Dinas Distanakbun tentang adanya temuan pupuk palsu yang beredar, tetapi telah kami tanggani agar tidak merugikan masyarakat.

Di samping itu Komisi II DPRD Kab Ketapang mengharapkan
– agar mengevaluasi terhadap HGU yang bermasalah atau yang belum di kelola,
– Dalam pemberian HGU perkebunan yang perlu di perhatikan mengenai batas-batas desa,
– Penyelesaian permasalahan yang perlu di bangun adalah satu persepsi langkah itu di ambil agar tidak terjadi di kemudian hari.

Setelah kunjungan kerja dari Dinas Perkebunan, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang melanjutkan kunjungan kerja ke Kantor ATR/BPN Kabupaten Ketapang .

Permasalahan yang di koordinasikan merupakan hubungan dengan bidang pertanahan HGU perusahaan perkebunan
Kedatangan anggota komisi II di terima Banu Subekti selalu kepala Badan Pertanahan Kabupaten Ketapang. Rombongan Anggota DPRD berjumlah 6 orang yang terdiri Uti Royden Top, Suyanto, Supriyanto, Thomas Ferlyan, Yakobus Dingum Sudianto dan Uti Waskito.

Pada intinya yang di pertanyakan Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang di antaranya mengenai sertifikasi HGU Perusahaan Perkebunan maupun Pertambangan, hal ini yang sering terjadi sengketa antara pihak perusahaan dengan masyarakat, kemudian di pertanyakan tentang proses pelepasan Hak kepada masyarakat atau sebaliknya.

Di jelaskan pihak ATR/BPN bahwa jika terjadi sengketa pihak BPN melihat dulu, harus ada kepastian, apakah masuk dalam HGU atau bukan, perlu pengecekan di lapangan, semua itu ada regulasinya.

Tentang pemberian HGU, menurut kepala BPN sifatnya bersyarat, izin lokasi saja ada ganti ruginya jika terdapat tanam tumbuh milik masyarakat Selain itu di sampaikan juga bahwa Pemerintah pusat tahun 2025 program sertifikat tanah sudah selesai, untuk Kabupaten Ketapang di berikan target yang cukup banyak jadi program itu masih tetap berlanjut demikian di katakan Banu Subekti.

Mengenai kunjungan kerja Anggota komisi II DPRD Kabupaten Ketapang ke Kantor BPN, kami sangat menghargai dan merupakan suatu kehormatan bagi kami, dukungan DPRD Kabupaten Ketapang sangat di perlukan agar program sertifikat yang di targetkan Pemerintah Pusat dapat tercapai.

(Kaperwil kal-Bar)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]