Polairud Polda Kalbar Gagalkan Penyelundupan 100 Ton Rotan Ilegal Dokumen

IMG-20210417-WA0013

Buser86.com//Pontianak, tabloidskandal. Com
Direktorat Kepolisian (Ditpolairud) Kalbar Press Release Penangkapan kapal KLM Abna Jaya dari kasus penyelundupan ekpor Rotan illegal dan pemalsuan dokumen, Press Release di laksanakan Jl khatulistiwa Pontianak, Jum’at 16/4/2021.

“Dari penyelundupan dan pemalsuan dokumen, Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalbar berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ekspor rotan illegal sebanyak 100 ton yang hendak dikirim ke Malaysia.

Rotan yang dimuat pada kapal KLM Abna Jaya itu digagalkan di perairan Natai Kuini, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Kecamatan Kendawangan pada hari Jumat 09/04/2021 sekitar pukul 03.30 WIB.

“Kombes Pol Benyamin Sapta Ditpolarud menjelaskan kepada awak Media pada sa’at Press Release, bahwa pada penangkapan tersebut dilakukan setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap KLM Abna Jaya yang berlayar dengan menggunakan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dipalsukan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, di dalam kapal didapati rotan illegal sebanyak 100 ton yang hendak diselundupkan ke Malaysia”ujar Benyamin.

“Kemudian dokumen-dokumennya itu palsu karena kita sudah koordinasi dengan Syahbandar Sukamara, Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang ada ini tidak teregistrasi di sana. Artinya dokumen ini memang tidak ada” Jelasnya.

“Benyamin melanjutkan bahwa rotan sebanyak 100 (seratus) ton yang dikemas dalam ribuan bundel ini berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sebelum dikirim ke Malaysia, rotan ilegal tersebut dikumpulkan terlebih dahulu di dalam gudang.

Barang-barang ini semuanya berasal dari Kalteng. Mereka mengumpulkan barang ini dari Barito Selatan, Sampit, Katingan, dan Banjarmasin itu sendiri.

Mereka kumpulin, lalu dimasukkan gudang. Setelah banyak baru loading. Pada saat loading, sambil melihat perkembangan di Malaysia dan perairan kita mereka membuat dokumen – dokumen itu tadi”

Benyamin menuturkan bahwa pihaknya telah menetapkan dua orang tersangka atas kejadian ini. Keduanaya ialah HR (52), warga Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dan H (32), warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

“Terhadap peran mereka, yang pertama tersangka H itu yang mengumpulkan, sebagai kolektorlah boleh dikatakan atas perintah dari HR. Semuanya ada peran dari masing-masing, dari mulai mengumpulkan sampai membuat dokumen palsu segala macam itu perannya HR,” tuturnya.

Pelaku kejadian ini akan dijerat dengan pasal 112 ayat 1 Jo pasal 51 ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Pelaku juga akan dijerat dengan pasal 264 KUHP sub pasal 266 KUHP lebih sub pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 7 tahun dan denda maksimal Rp5 milyar.

Adapun barang bukti yang sudah diamankan, yakni KLM Abna Jaya berikut dengan muatan rotan sebanyak 100 ton, 8 paspor awak kapal, dan 12 buah stempel.

Barang bukti lain yang juga turut diamankan ialah Surat Persetujuan Berlayar (SPB) tujuan Malaysia dan Lampung yang diduga dipalsukan, satu lembar kertas berisi coretan tanda tangan dan dua buah telepon genggam.

“Dengan penangkapan ini kepada masyarakat, kami mengimbau agar melapor jika melihat ada aktivitas ilegal maupun yang mencurigakan agar bisa diproses hukum,”ungkapnya. (RH).

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]