Wakil Bupati Ketapang H. Farhan S.E, M., SI Membuka Resmi IV Majelis Adat MABM

FB_IMG_1615626981588

Buser86.com//ketapang-Musyawarah daerah IV Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Ketapang, secara resmi di buka Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, di Rumah Adat Melayu Kiyai Mangku Negeri, Jalan Lingkar Kota, Sabtu (13/3/2021) pagi.

Selain di hadiri seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) MABM se Kabupaten Ketapang, pembukaan pemilihan pengurus baru MABM tersebut juga di hadiri Ketua MABM Kalimantan Barat Prof Chairil Effendy dan unsur Forkopimda setempat.

Farhan berharap pelaksanaan musyawarah daerah ke IV dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib dan tepat waktu, Ia berharap pemilihan pengurus dapat diselenggarakan dengan musyawarah mufakat.

“Kami selalu memesankan kepada pengurus, di dalam pemilihan pengurus agar di utamakan secara musyawarah mufakat, karena inilah yang menjadi poin yang terbaik di dalam menjalankan organisasi,” ujar Sekretaris Umum MABM Ketapang tersebut.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) MABM Kalimantan Barat Prof Chairil Effendy menyambut positif pelaksanaan musyawarah daerah ke IV MABM Kabupaten Ketapang.

“Ini menandakan bahwa MABM Ketapang menjadi organisasi yang sehat, karena dapat menyelenggarakan acara musyawarah daerah ini yang berisi pertanggungjawaban ketua dan pengurus kepada seluruh pengurus MAMB Kabupaten Ketapang,” paparnya.

Senada dengan wakil bupati, Mantan Rekor Universitas Tanjungpura itu juga menekankan agar musyawarah ini dapat di selenggarakan dengan musyawarah mufakat, Pada kesempatan itu, ia juga mengaris bawahi program kerja MABM Kabupaten Ketapang kedepan. Menurutnya program kerja haruslah rasional dan dapat di realisasikan.

“Ketapang ini punya sejarah gemilang di masa lalu, punya Kerajaan Tanjungpura, punya sejarah perlawanan terhadap pemerintah kolonial, punya peninggalan-peninggalan budaya yang menjadi milik khas masyarakat Ketapang, ini perlu dijaga dan di lestarikan,” ujarnya.

Menurut dosen Universitas Tanjungpura tersebut, MABM merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Ketapang yang harus bisa bekerja sama dengan kelompok-kelompok masyarakat dalam mendukung pemerintah menyelenggarakan pembangunan fisik maupun nonfisik.

“Saya harap MABM bisa menjadi pioneer, yang terdepan dalam menggandeng kelompok-kelompok masyarakat lain di dalam menjaga keharmonisan, di dalam membantu pemerintah melakukan pembangunan dan menginisiasi berbagai kegiatan kemasyarakatan agar hidup kita menjadi lebih baik dari hari ke hari,” harapnya.

Ketua Harian MABM Ketapang Junaidi mengucapkan selamat atas terlaksananya musyawarah daerah ke IV MABM Ketapang, Ia berharap ketua yang terpilih nanti dapat bekerja sama dengan seluruh pengurus untuk memajukan budaya Melayu di Kabupaten Ketapang.

“Yang penting adalah bekerjasama dengan pemerintah dan etnis etnis lain yang ada di Kabupaten Ketapang. Semoga dengan kepengurusan baru ini semakin menjadikan Melayu di Ketapang semakin jaya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi berharap Ketua MABM terpilih bisa membawa dan mengangkat Mariah MABM yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Saya berharap pelaksanaan Musda ini dapat di laksanakan secara musyawarah mufakat,” pungkasnya.

(Kaperwil kal-bar// Humpro Ketapang)

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Personel Marnit Seruyan Ditpolairud Hadiri Kegiatan Pekan Peduli Orang Utan Di Desa Sei Imuk

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Seruyan- Markas Unit (Marnit) Patroli Daerah Aliran Sungai (Das) seruyan Direktorat Polairud polda Kalteng Menghadiri kegiatan penanaman pohon magroove dan kegiatan Pekan Peduli Orang […]

Gebyar 1000 Vaksinasi Karumkit Bhayangkara Optimis Capaian Angka Vaksinasi Kalteng 50 Persen

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Dalam rangka terus percepat target capaian vaksinasi di Kalimantan Tengah hingga 70 persen, Polda Kalteng kembali menggelar vaksinasi massal di pinggiran […]

Polda Kalteng Gandeng GP Ansor dan KNPI Palangka Raya Gelar Vaksinasi Massal Targetkan 500 Dosis

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palangka Raya menggelar vaksinasi massal untuk masyarakat […]

Kapolsek Rakumpit Turut Dampingi Pengecekan Kesehatan Warga

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Kapolsek Rakumpit, Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng Iptu Waryoto, S.H., M.H. bersama Bhabinkamtibmas Bripka Eko Pramono mendampingi kegiatan tenaga kesehatan dari […]

Dukung Vaksinasi, Polsek Rakumpit Lakukan Pengamanan dan Pendampingan

Oktober 27, 2021

Buser86.com/Kalteng- Palangka Raya – Polsek Rakumpit, Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng turut mendukung program vaksinasi Covid-19 di wilayahnya dengan melakukan pendampingan hingga pengamanan selama berlangsungnya […]