Wakil Bupati Ketapang Menghadiri Acara Penyerahan Simbolis RSPO Premium

FB_IMG_1617977530708

Buser86.com//ketapang-Sebanyak hampir Rp2,5 miliar atau sekitar USD 165 ribu premi Roundtable Sustainability Palm Oil (RSPO) diberikan anak Perusahaan Cargill, yaitu PT Harapan Sawit
Lestari (HSL), PT Indo Sawit Kekal (ISL) dan PT Ayu Sawit Lestari (ASL) kepada tujuh koperasi di wilayah Kabupaten Ketapang, Kamis (08/04/2021) di Hotel Aston.

Ketujuh koperasi tersebut adalah KUD Bakti Mandiri Cemerlang, KUD Sepakat Mekar, KUD Beringin Jaya Lestari, Koperasi Sepakat Sejahtera Lestari, Koperasi Harapan Lestari Mandiri, Koperasi Barokah Mitra Mandiri dan Koperasi Mitra Lestari yang mewakili 4,000+ pekebun plasma di Ketapang.

Acara penyerahan premi RSPO turut di hadiri Wakil Bupati Ketapang, H Farhan SE MSi beserta jajaran, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ketapang M Febriadi S Sos MSi dan Presiden Direktur Unit Bisnis Cargill Tropical Palm Kalimantan,
Anthony Yeow, serta para Ketua Koperasi mitra.

Penyerahan premi RSPO merupakan bagian dari komitmen Cargill untuk membantu pekebun plasma berkembang,Cargill senantiasa mendukung kemajuan para pekebun plasma dalam mengadopsi praktik pertanian yang aman, bertanggung jawab serta berkelanjutan, melalui sertifikasi dan premi RSPO.

Jumlah premi RSPO yang diterima oleh tujuh koperasi mitra pada tahun fiskal Cargill ini, yang berakhir 31 Mei, secara total meningkat 17% melebihi premi yang diterima tahun sebelumnya senilai 2,1 Miliar Rupiah. Para pekebun plasma secara kolektif mengelola lebih dari 7,800 hektar sawit di bawah binaan Cargill di Ketapang, Kalimantan Barat

Ketua Umum KUD Sepakat Mekar Desa Air Upas, Robertus Herman mengatakan, kerjasama dengan Cargill yang telah terjalin baik selama ini membuahkan hasil positif untuk keberlanjutan koperasi dan anggota.

Praktik perkebunan sawit berkelanjutan dari Cargill, Menurut dia membantu para pekebun plasma anggota koperasi mitra untuk lebih memahami sistem persyaratan sawit global.

“Melalui praktik pertanian terbaik dan berkelanjutan, hal ini dapat membawa hasil positif yang tercermin dalam pemberian premi untuk produk bersertifikat RSPO,” kata Robertus Herman.

Presiden Direktur Unit Bisnis Cargill Tropical Palm di Kalimantan, Anthony Yeow mengucapkan selamat kepada para mitra pekebun plasma Cargill yang menerima premi dari penjualan produk bersertifikat RSPO.

“Hal demikian selaras dengan komitmen Cargill terhadap rantai pasok minyak sawit yang transparan, dapat ditelusuri, dan berkelanjutan, serta mendukung pekebun plasma menjadi pebisnis yang sukses. Juga guna meningkatkan mata pencaharian mereka melalui produksi sawit yang bertanggung jawab.”

Sebelumnya, di bulan February 2021, Unit Bisnis Cargill Tropical Palm di wilayah Kalimantan telah melakukan pemberian Premi RSPO dengan total Rp 1,7 milliar atau sekitar USD 112 ribu kepada 3.300 pekebun plasma dengan luasan-lahan 6,800+ hektar.
Total RSPO Premium yang diserahkan di tahun fiskal ini telah mencapai hampir Rp 4,2 milliar atau sekitar USD 278 ribu. Bahkan tiga kali lipat jumlah tahun lalu dan menguntungkan lebih dari 7,300 pekebun plasma. Selain itu, Cargill telah bermitra dengan lebih dari 20.000 pekebun kelapa sawit di Indonesia selama lebih dari dua dekade.

“Kami akan terus bermitra dengan lebih banyak pekebun sawit di tahun-tahun mendatang dan terus memberikan pendampingan bagi para pekebun plasma dan swadaya guna melakukan praktik pertanian yang aman, bertanggung jawab dan berkelanjutan,” sambungnya.

Ia menambahkan, perkebunan kelapa sawit Cargill di Sumatera Selatan termasuk salah satu penerima sertifikat RSPO pertama di dunia, dan diikuti oleh anak perusahaan Cargill lainnya di Kalimantan Barat.

Seremoni penyerahan secara simbolis premium RSPO kepada ketujuh Koperasi atau petani plasma kemitraan Cargil diharapkan akan membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani kelapa sawit yang telah mendapatkan harga premium. Tentunya ini sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Ketapang berupaya memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dalam hal ini petani.

Kami percaya penghargaan dan sertifikasi yang diraih oleh Cargill Group tentunya merupakan sebuah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan petani plasma Serta komitmen perusahaan mewujudkan produksi minyak sawit yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Selain itu ini akan menjadi contoh dan motivasi bagi perusahaan lain yang ada di Kabupaten Ketapang, untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja perusahaan sebagai upaya bentuk dukungan terhadap visi Pemerintah Kabupaten Ketapang dalam melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Ketapang, mengucapkan selamat kepada perusahaan Group Cargill atas keberhasilannya dalam meraih penghargaan dan sertifikasi baik berstandar Nasional maupun Internasional.” Ujar Ketua DPRD Ketapang M.Febriadi.,S.Sos.,M.Si., dalam sambutanya

DPRD Kabupateb Ketapang juga berharap kepada Cargill Group yang menghadirkan produk dan layanan pangan, pertanian, keuangan dan industri bagi dunia dapat melakukan kerjasama yang baik bersama-sama dengan para petani, pelanggan, pemerintah dan masyarakat.

Begitu juga disampaika Wakil Bupati Ketapang, H Farhan SE, dalam sambutannya, sangat mendukung adanya sertifikasi bagi koperasi perkebunan yang ada di Ketapang. Hal tersebut dianggap memiliki banyak manfaat.

Menurut data ada 12 koperasi yang bermitra dengan PT Cargill Kalimantan di Kab Ketapang artinya masih ada 5 koperasi yang belum meraih premium RSPO, kedepannya V5 Koperasi ini bisa meraih premium RSPO juga.

Apresiasi yang setinggi-tingginya, atas pencapaian prestasi kerja sama yang baik antara 2 belah pihak yaitu koperasi dengan perusahaan melalui Mitra. Dampak Kerjasama ini tentunya akan meningkatkan perekonomian rakyat dan tahap hidup masyarakat dari pedesaan sampai ke perkotaan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih dan aspirasi yang setinggi-tingginya kepada perusahaan hidup dan perusahaan lainnya yang ada di Ketapang”.

Kaperwil kal-bar/Humpro Ketapang

Posted in

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Polda Jateng Hormati Upaya Pra Peradilan 13 Tersangka Tranfer Dana Palsu

September 19, 2021

Buser86.Com//SEMARANG-Sejumlah 13 tersangka kasus dugaan transfer palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Kabupaten Pati, mengajukan gugatan praperadilan. Sidang gugatan praperadilan tersebut saat ini tengah […]

Pembuangan Bayi Di Desa Cluwak Tayu Kini Dalam Keadaan Sehat

September 19, 2021

Buser86.com//Cluwak Tayu–Pascapenemuan bayi di sungai Dukuh Gebang Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati yang sempat menggegerkan warga, kondisi bayi yang kini dirawat di Puskesmas Cluwak […]

Tekan Penyebaran Covid-19 Pada PPKM Level 2 Polsek Kaliori Rembang Gelar Patroli Obyek Wisata

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Jajaran Polsek Kaliori Polres Rembang terus gencarkan kegiatan patroli dan juga melaksanakan woro-woro di obyek wisata guna menekan angka penyebaran Covid-19, Minggu (19/09/2021). […]

Polsek Lasem Rembang Gelar Patroli Perbankan Antisipasi Kejahatan Saat Hari Libur

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Untuk memberikan Pengamanan pada Obyek Vital yang ada di wilayah hukum Polsek Lasem Polres Rembang , Unit Sabhara Polsek Lasem melaksanakan Patroli di […]

Rembang Sudah PPKM Level 2,Polres Rembang Tetap Berlakukan Penyekatan Ops Yustisi

September 19, 2021

Buser86.com//REMBANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Rembang melakukan penyekatan kendaraan di wilayah perbatasan Kabupaten Rembang. Penyekatan ini kembali dilakukan setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) […]